Jemaah Haji Lansia Indonesia Meningkat, Kemenag Siapkan Layanan Ini untuk Jemaah Haji Lansia

- 6 Mei 2023, 13:35 WIB
Jemaah haji lansia asal Indonesia.
Jemaah haji lansia asal Indonesia. /Foto: Himpuh.or.id

PURWAKARTA NEWS - Setelah tertunda akibat Pandemi Covid-19 jemaah haji lansia asal Indonesia jumlahnya meningkat signifikan.

Menurut data yang dipublis Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI, jemaah haji lansia tahun ini jumlahnya mencapai 67.000 atau sekitar 30% dari total kuota jemaah haji Indonesia.

Untuk itu, Kemenag RI saat ini sudah menyiapkan sejumlah persiapan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah haji lansia tersebut, salah satunya dengan mengangkat tagline Haji Ramah Lansia.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Gelontorkan Anggaran Rp800 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak di Lampung

Baca Juga: Polri Gelar Operasi Komodo Amankan KTT ke 42 Asean 2023

"Kami telah siapkan langkah mitigasi layanan jemaah lansia. Apalagi, tidak adanya pendamping jemaah lansia dan penggabungan mahram," kata Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat dalam keterangannya pada acara Identifikasi dan Pemetaan Masalah Haji di Palembang, pada Selasa 2 Mei 2023 kemarin.

"Sejumlah inovasi telah disiapkan, termasuk menyiapkan struktur khusus dalam organisasi Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) tahun ini," sambung Arsad.

Arsad juga mengatakan nantinya akan ada kepala bidang pelayanan lansia dan Disabilitas yang juga akan dibantu oleh kepala seksi di setiap kantor daerah kerja.

Baca Juga: Tanggal Pelunasan Akhir Biaya Haji 2023, Jadwal Diperpanjang Kemenag

Halaman:

Editor: Awenk Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x