Pemerintah Pusat Gelontorkan Anggaran Rp800 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak di Lampung

- 5 Mei 2023, 20:39 WIB
Presiden Joko Widodo saat diwawancarai awak media usai meninjau sejumlah jalan rusak di Lampung.
Presiden Joko Widodo saat diwawancarai awak media usai meninjau sejumlah jalan rusak di Lampung. /Foto: Setkab

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera memperbaiki sejumlah ruas jalan rusak di Lampung.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada awak media usai meninjau sejumlah jalan rusak di wilayah tersebut pada Jumat 5 Mei 2023.

"Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat baru saja tadi, baik jalan kabupaten, baik jalan provinsi, baik jalan kota yang rusak parah," ujar Presiden Jokowi di Jalan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah.

Baca Juga: Pemerintah Segera Berupaya Pulangkan 20 WNI yang Menjadi Korban Perdagangan Orang di Myanmar

Menurut Presiden Jokowi, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing seperti pemerintah pusat yang bertanggung jawab atas jalan nasional, pemerintah provinsi penanggungjawab jalan provinsi, pemerintah kabupaten/kota untuk jalan kabupaten/kota.

Namun kendati demikian, kata Jokowi, untuk perbaikan jalan di Lampung ini akan diambil alih oleh pemerintah pusat. "Tetapi ini karena memang sudah lama ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat," ucap Jokowi menjelaskan.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa untuk memperbaiki infrastruktur di Lampung, tahun ini pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp800 miliar untuk mencakup perbaikan 15 ruas jalan.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Lampung, Penampakan Mobil RI 1 Menyusuri Jalan yang Rusak Parah

Adapun tahap perbaikan jalan ini rencananya akan dimulai pada bulan Juni 2023 setelah proses lelang dilakukan.

Halaman:

Editor: Awenk Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x