Menaker Sebut Banyak Alumni Pemagangan Jepang Sukses Jadi Pengusaha Ketika Kembali ke Indonesia

- 5 Mei 2023, 21:27 WIB
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah saat mengunjungi peserta pemagangan Jepang asal Indonesia di Narita, Jepang.
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah saat mengunjungi peserta pemagangan Jepang asal Indonesia di Narita, Jepang. /Foto: Istimewa.

PURWAKARTA NEWS - Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah menyebut banyak alumni peserta pemagangan asal Indonesia yang magang di Jepang sukses menjadi pengusaha ketika kembali pulang ke tanah air.

Untuk itu, Menaker Ida Fauziyah meminta para peserta pemagangan asal Indonesia agar mempergunakan kesempatan selama magang di Jepang dijalankan dengan sebaik-baiknya.

"Niatkanlah dari sekarang bahwa selama mengikuti program pemagangan ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, etos kerja, dan pengalaman untuk bekal dalam mewujudkan cita-cita adik-adik," kata Menaker saat mengunjungi para peserta pemagangan di Narita, Jepang, Kamis 4 Mei 2023.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Gelontorkan Anggaran Rp800 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak di Lampung

Baca Juga: Pemerintah Segera Berupaya Pulangkan 20 WNI yang Menjadi Korban Perdagangan Orang di Myanmar

Menaker Ida Fauziyah mengatakan dengan mengikuti pemagangan di Jepang, para peserta pemagangan nantinya akan mendapat keterampilan yang bisa digunakan untuk bekerja di perusahaan maupun untuk berwirausaha ketika kembali ke Indonesia.

"Dalam praktik yang sudah kita ketahui bersama, tidak sedikit dari teman-teman yang pernah melakukan pemagangan itu pulangnya jadi juragan, menjadi pengusaha," ucap Ida Fauziyah.

Ia mengemukakan, berdasarkan data Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI) terdapat 5.000 alumni program pemagangan yang sukses menjadi pengusaha. Jumlah pengusaha sebanyak itu tentunya membantu pemerintah dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan.

Baca Juga: Viral Warga Australia Ludahi Imam Masjid di Bandung, Pelaku Bakal Dideportasi Malam Ini

Halaman:

Editor: Awenk Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x