Polri Gelar Operasi Komodo Amankan KTT ke 42 Asean 2023

- 5 Mei 2023, 22:36 WIB
Foto: Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya I. E. dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Kesiapan KTT ke- 42 ASEAN 2023 Labuan Bajo” di Jakarta, Jumat (5/5/2023).
Foto: Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya I. E. dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Kesiapan KTT ke- 42 ASEAN 2023 Labuan Bajo” di Jakarta, Jumat (5/5/2023). /Foto: Istimewa.

PURWAKARTA NEWS - Kepolisian RI (Polri) menyiapkan operasi terpusat bersandi “Komodo 2023” untuk menjamin keamanan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke 42 ASEAN 2023 yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9 hingga 11 Mei mendatang.

Operasi Komodo 2023 ini disebut akan terkolaborasi dengan aspek-aspek penting lain sehingga pertemuan para kepala negara Asia Tenggara itu dapat berjalan aman dan sukses.

"Kami menyelenggarakan satu mekanisme pengamanan yang detail, terintegrasi, dan terkolaborasi dengan semua aspek. Baik itu keamanan maupun aspek pendukung dari kegiatan KTT itu sendiri," kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya I. E. dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Kesiapan KTT ke 42 ASEAN 2023 Labuan Bajo” di Jakarta, Jumat 5 Mei 2023.

Baca Juga: Menaker Sebut Banyak Alumni Pemagangan Jepang Sukses Jadi Pengusaha Ketika Kembali ke Indonesia

Agung mengatakan Polri telah menyiagakan sebanyak 2.627 personel bekerjasama dengan TNI dan stakeholder lain yang sejak hari Kamis 4 Mei 2023 telah didatangkan ke Labuan Bajo.

Adapun personil yang ditugaskan itu langsung menempati pos-pos pengamanan tempat pertemuan berlangsung serta telah melakukan latihan rutin terutama untuk menyesuaikan dengan kondisi, topografi, dan keunikan Labuan Bajo.

"Dengan mengelola daerah yang spesifik ini tentu perlu pengenalan lokasi. Kemudian lebih detail lagi tentang potensi-potensi apa yang harus kita kelola dan kendalikan sehingga keamanan bisa terwujud," kata Agung.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Gelontorkan Anggaran Rp800 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak di Lampung

Ia juga menambahkan Polri bersama TNI telah membangun komunikasi kerjasama intens. "TNI sudah menyediakan kapal di perairan. Demikian juga yang ada di darat. Kemudian teman-teman Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah juga menata jalur lokasi-lokasi tempat berlangsungnya KTT," ucap Agung.

Halaman:

Editor: Awenk Wahyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x