OPINI: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pj Gubernur Buta Data Informasi Kepemudaan

- 28 Oktober 2023, 19:03 WIB
Yudha Dawami Abdas
Yudha Dawami Abdas /Ist./

Oleh: Yudha Dawami Abdas

PURWAKARTA NEWS - Sumpah pemuda dicatat sebagai hari besar dan bersejarah, sehingga tanggalnya pun dijadikan hari peringatan untuk mengingatnya.

Dulu, pemuda mempunyai peranan penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, karna pada saat itu pemuda sebagai subjek pembangunan, penginisiasi gerakan, tanpa lelah berjuang demi sebuah kemerdekaan.

Baca Juga: Pj Gubernur Jawa Barat Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Purwakarta

Prototype aktivis pemuda pada pra kemerdekaan sangatlah banyak, sehingga kita tidak kekurangan referensi keteladanan yang bisa untuk ditiru, pemuda dahulu memang banyak menghasilkan karya dan surplus tindakan, itu menjadi bagian bukti yang kongkrit, bahwa semangat pemuda adalah modal demi terwujudnya perubahan.

Dalam kondisi dinamika konflik dan krisis pada zaman revolusi, pemuda bisa dan mampu mempetakan serta cakap membaca peluang untuk mentransformasikan peradaban baru yang dicita-citakan, sehingga mewariskan kemerdekaan yang hari ini kita rasakan.

Namun dewasa ini, nyatanya pemuda tidak banyak dilibatkan dalam persoalan penting. Kehadirannya hanya dijadikan komoditas dan objek saja. Mereka seolah hanya memperingati hari Kepemudaan sebagai lip service saja, terutama para pemangku kekuasaan yang melihat sepele urusan kepemudaan.

Baca Juga: Pospera Purwakarta Bakal Gelar Aksi Penolakan Pj Bupati Benni Irwan?

Contoh hari ini, Sabtu 28 Oktober 2023 di Kabupaten Purwakarta, dilaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang dihadiri langsung oleh Penjabat atau Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, yang telah memusatkan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Purwakarta. 

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkini