Lepas Tangan Soal Al Zaytun, Ridwan Kamil: Jabar Ditugaskan Fokus pada Stabilitas dan Kondisi Sosial

- 25 Juni 2023, 14:57 WIB
Lepas Tangan Soal Al Zaytun, Ridwan Kamil: Jabar Ditugaskan Fokus pada Stabilitas dan Kondisi Sosial
Lepas Tangan Soal Al Zaytun, Ridwan Kamil: Jabar Ditugaskan Fokus pada Stabilitas dan Kondisi Sosial /Dok. Humas Jabar

PURWAKARTA NEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut permasalahan terkait Pondok Pesantren Al Zaytun yang berada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kini telah dilimpahkan ke pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti.

Menurut dia, pihaknya telah melaporkan proses kerja dari tim investigasi kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Dengan begitu kewenangan permasalahan Al-Zaytun kini berada di pemerintah pusat.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Prihatin Banyak Anak di Jawa Barat Tak Sekolah

Baca Juga: Soal Ponpes Al Zaytun, Mahfud MD Ungkap Hal Ini

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat ditugaskan fokus pada yang namanya menjaga stabilitas, dan kondisi sosial," kata Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat, Minggu 25 Juni 2023.

Dia mengatakan pemerintah pusat segera mengumumkan langkah terkait Al-Zaytun pada waktu dekat, karena tim investigasi akan selesai masa tugasnya pada Selasa 27 Juni 2023.

Pemerintah pusat menyoroti tiga hal dalam permasalahan Al Zaytun, yakni terkait potensi pidana yang mungkin terjadi dalam permasalahan itu, langkah administratif yang sudah disiapkan Kementerian Agama (Kemenag), dan penanganan kondisi sosial dan politik.

"Kalau tidak ada halangan, bahasan teknis nya akan diumumkan oleh Pak Menko di hari Selasa atau Rabu, jadi ini bahasanya masih umum. Kalau nanti pasalnya apa, isunya apa, bentuk tindakan administrasinya apa, akan dijelaskan nanti oleh Pak Mahfudi," kata Kang Emil.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x