Luncurkan Program Permaisuri, Pupuk Indonesia Ingin Kesejahteraan Masyarakat Terus Meningkat

- 19 Oktober 2023, 09:42 WIB
Pupuk Indonesia Luncurkan Program Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Industri (Permaisuri).
Pupuk Indonesia Luncurkan Program Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Industri (Permaisuri). /Ist./

PURWAKARTA NEWS - PT Pupuk Indonesia (Persero) resmi meluncurkan program Permaisuri atau Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Industri. Program ini menjadi upaya Pupuk Indonesia memperkuat bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala Intan menyatakan bahwa program Permaisuri menyasar kepada kelompok masyarakat rentan dan penyandang disabilitas yang berada di lingkungan sekitar Perusahaan.

"Pupuk Indonesia resmi meluncurkan program Permaisuri yang dilaksanakan oleh anak perusahaannya dalam hal ini PT Pupuk Kujang Cikampek dan PT Petrokimia Gresik. Program ini merupakan pemberdayaan Masyarakat sekitar industri untuk kaum rentan yaitu salah satunya perempuan dan penyandang disabilitas,” demikian ungkap Tina dalam acara Launching Program Permaisuri di Gedung Anggrek Kantor Pupuk Kujang Cikampek, Jawa Barat, Senin 16 Oktober 2023.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepatu Olahraga Pria Terbaik, Cocok untuk Berbagai Aktivitas!

Baca Juga: Meski Kemarau Panjang, Purwakarta Berhasil Panen Raya Padi

Pada tahap awal, program Permaisuri dilaksanakan di dua anak perusahaan yaitu PT Pupuk Kujang Cikampek dan PT Petrokimia Gresik sebagai pilot project. Program baru Pupuk Indonesia di bidang TJSL ini diimplementasikan dengan strategi creating shared value (CSV) dengan tujuan menciptakan nilai tambah dan menguntungkan kedua belah pihak dalam hal ini Perusahaan dan peserta. Sebagai contoh, para peserta program Permaisuri di wilayah sekitar Pupuk Kujang Cikampek akan memproduksi kain majun dan hasilnya akan diserap oleh Pupuk Kujang untuk memenuhi kebutuhan pabrik.

Program Permaisuri merupakan pemberdayaan kelompok masyarakat rentan melalui pendampingan, pelatihan menjahit dan pemberian bantuan peralatan pendukung untuk menjadi produsen kain majun untuk mendorong perekonomian masyarakat sekaligus dalam mendukung supply chain perusahaan.

“Perusahaan harus bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Tadi yang disebut majun itu adalah kain pembersih yang dihasilkan oleh peserta, dan nanti produknya digunakan oleh Pupuk Kujang dan Petrokimia Gresik. Jadi kedua belah pihak mendapat manfaat,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kujang Robert Sarjaka menyatakan bahwa program Permaisuri diikuti oleh 12 orang yang berasal dari kelompok rentan dalam hal ini ibu rumah tangga, perempuan putus sekolah dan penyandang disabilitas. Seluruh peserta ini berdomisili di Kecamatan Cikampek, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x