Waspada Antraks Menyebar, Pemkab Purwakarta Tutup Empat Pasar Hewan

- 10 Juli 2023, 21:36 WIB
Pemkab Purwakarta menutup sementara empat pasar hewan ternak di wilayahnya.
Pemkab Purwakarta menutup sementara empat pasar hewan ternak di wilayahnya. /Diskominfo

PURWAKARTA NEWS - Sebanyak empat pasar hewan ternak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ditutup sementara oleh pemerintah daerah setempat.

Penutupan empat pasar hewan ini dilakukan oleh Pemkab Purwakarta guna mencegah penyebaran penyakit Antraks di wilayahnya pasca terjadinya kasus antraks di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Diketahui, kasus Antraks di Gunung Kidul tersebut menyebabkan tiga orang meningal dunia dan puluhan orang lainnya terpapar penyakit tersebut pasca mengkonsumsi daging sapi yang diduga terjangkit penyakit antraks.

Baca Juga: Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Kejari Purwakarta Gelar Kegiatan Jalan Santai hingga Lomba Masak bareng Forkopimda

Adapun empat pasar hewan yang ditutup oleh Pemkab Purwakarta diantaranya adalah Pasar Hewan Ciwareng Kecamatan Babakancikao, Pasar Hewan Citeko Kecamatan Plered, Pasar Hewan Bojong Kecamatan Bojong dan Pasar Hewan Wanayasa. Kecamatan Wanayasa.

"Saya telah mengintruksikan agar penyakit Antraks itu jangan sampai meluas hingga ke wilayah Purwakarta. Salah satu langkah yang kita tempuh adalah menutup sementara semua akitifitas di empat pasar hewan," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Senin, 10 Juli 2023.

Penutupan itu secara resmi dimulai pada tanggal 10 Juli 2023, Perintah penutupan dikeluarkan melaluli surat Nomor: PT.01/1950-Diskanak/2023, perihal penutupan sementara pasar hewan di Purwakarta.

Baca Juga: Polres Subang Rangkul Berbagai Tokoh Masyarakat, Berantas Penyalahgunaan Narkoba

Surat bertanggal 7 Juli 2023 itu ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Norman Nugraha.

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x