Kegiatan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Purwakarta Belum Tersentuh APBD

- 3 Juli 2023, 23:31 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan Ketua IPSM Purwakarta Rahmat Gunawan saat diwawancarai usai Apel Akbar PSM di Taman Maya Datar, Komplek Pemkab Purwakarta, Senin 3 Juli 2023.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan Ketua IPSM Purwakarta Rahmat Gunawan saat diwawancarai usai Apel Akbar PSM di Taman Maya Datar, Komplek Pemkab Purwakarta, Senin 3 Juli 2023. /Purwakartanews

PURWAKARTA NEWS - Kegiatan para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dalam hal pengentasan permasalahan kesejahteraan sosial di wilayah ini belum tersentuh oleh anggaran pemerintah.

Para PSM di Purwakarta masih terus melakukan aktivitas-aktivitas sosialnya seperti mengantar orang sakit dan mengurus permasalahan lainnya tanpa dibantu dana operasional dari manapun termasuk dana dari pemerintah. Bahkan, tak jarang mereka mengeluarkan uang pribadi untuk kebutuhan operasional saat melayani masyarakat yang tengah membutuhkan pertolongan.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Purwakarta Deni Yusuf. Dia menyebut kendati PSM bergerak secara sukarela dalam membantu masyarakat, PSM juga tak menolak jika ada pihak yang bersedia memberi dana untuk operasional.

Baca Juga: Hari Ini Pimpinan Ponpes Al Zaytun Diperiksa Bareskrim Polri

"Sebenernya kita tanpa dibantu anggaran juga tetep jalan aja, tapi kita juga menyambut baik kalau ada pihak yang mau bantu, toh itu nantinya digunakan untuk operasional membantu masyarakat Purwakarta juga," ucap Deni Yusuf, Minggu 2 Juli 2023.

Hal itu, kata Deni juga dinilai wajar-wajar saja pasalnya tak semua PSM yang ada di Purwakarta berasal dari kalangan masyarakat yang mapan secara finansial.

Sementara Bupati Purwakarta Anne Ratna saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa intervensi anggaran dari pemerintah daerah terhadap para PSM ini belum ada karena terhalang regulasi.

"Sebetulnya kan SK nya itu adalah SK dari kita pemerintah daerah keberadaan PSM tingkat kabupaten ini melalui dinas sosial, tapi memang belum maksimal kaitan dengan intervensi," kata Bupati Anne usai mengikuti Apel Akbar PSM Purwakarta dalam rangka HUT PSM ke 48 tahun di Taman Maya Datar, Senin 3 Juli 2023.

Baca Juga: KPU Tetapkan DPT Pemilu 2024 Jumlahnya Capai 200 Juta Orang Pemilih

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x