Cara Disinfeksi Telepon Genggam Selama Pandemi Covid-19

- 22 Februari 2021, 07:52 WIB
Ilustrasi HP.
Ilustrasi HP. /PIXABAY/Pexels

PURWAKARTA NEWS - Pandemi Covid-19 di Indonesia berlangsung hampir satu tahun. Pandemi ini membawa kita beradaptasi dengan peradaban ketat, yaitu kebersihan. Kebersihan utamanya kebersihan tangan sebelumnya acap kita abaikan.

Tidak heran jika kemudian kebersihan tangan sebagai media penularan virus Covid-19 termasuk dalam protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Namun tanpa disadari, telepon seluler atau handphone ternyata juga berisiko besar menjadi media penular virus. Berdasarkan banyak literatur, ponsel menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri. Ponsel 10 kali lebih kotor dari dudukan toilet.

Baca Juga: Konflik Australia dan Facebook Temui Titik Terang

Baca Juga: Rusia Hadapi Virus Flu Burung di Tengah Covid-19 yang Masih Tinggi

Untuk itu, kita harus memahami bagaimana cara membersihkan dan mendisinfeksi ponsel. Berikut tips yang direkomendasikan untuk mendisinfeksi ponsel tanpa merusaknya.

1. Pilih pembersih yang tepat

Untuk membersihkan ponsel, terlebih dahulu pilih pembersih yang tidak merusak perangkat ponsel ketika proses pembersihan. Pembersih yang dipilih harus lembut bagi ponsel.

Pakar teknologi Burton Kelso mengingatkan, perangkat ponsel pintar dan komputer adalah gadget yang rumit. Menurut dia, bahan kimia abrasif dapat meninggalkan goresan pada layar dan merusak lapisan pelindung pada perangkat ponsel.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x