Pengamen Cilik jadi Tontonan Wisatawan di Kawasan Wisata Kuliner Purwakarta, Kabupaten Layak Anak Apa Kabar?

- 1 Oktober 2023, 00:46 WIB
 Ilustrasi anak jalanan.
Ilustrasi anak jalanan. /Ist

PURWAKARTA NEWS - Para wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah yang berkunjung ke kawasan wisata kuliner di sepanjang Jalan K.K Singawinata, Kelurahan Nagritengah, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta kerap disuguhi pemandangan kurang sedap dan menyayat hati.

Pasalnya, para wisatawan kerap menemui sejumlah anak-anak berusia 5-12 tahun yang kedapatan mengamen dan menjadi pemulung di kawasan tersebut. Bahkan, ada juga yang kedapatan mengemis.

Entah karena faktor ekonomi keluarga, aspek lingkungan atau menjadi korban eksploitasi. Para anak-anak ini terpaksa melupakan waktu untuk belajar dan bermainnya demi mencari pundi-pundi rupiah hingga malam hari.

Baca Juga: Nama Muhaimin Iskandar Diungguli Erick Thohir pada Hasil Survei Pilpres 2024 Soal Dukungan Warga Nahdliyyin

Baca Juga: DPRD Purwakarta Setujui Raperda APBD-P Tahun 2023, Pj Bupati Benni Irwan: Alhamdulilah

Pemandangan itu tentunya memberi kesan tak baik. Seolah, status Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Purwakarta ini tak sesuai dengan fakta yang ada. Dimana, masih banyak ditemukan anak-anak yang menjadi pengamen dan pengemis.

Seperti diketahui, di tahun 2023 ini semasa Anne Ratna Mustika masih menjabat sebagai Bupati, Kabupaten Purwakarta diganjar penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Meskipun kenyataannya, penghargaan yang diraih di tahun 2023 ini mengalami penurunan jika dibanding dengan penghargaan serupa yang diterima di tahun sebelumnya, yakni penghargaan Kabupaten Layak Anak 2022 tingkat madya.

Tiwi, salah satu wisatawan yang dimintai pendapat oleh awak media terkait keberadaan anak-anak yang kedapatan mengamen dan mengemis di wilayah ini mengaku sangat prihatin.

Menurutnya, anak-anak tersebut seharusnya menikmati masa-masa kecilnya untuk belajar dan bermain seperti anak pada umumnya.

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x