100 Desa di Jabar Disiapkan Ikut Event Desa Wisata Indonesia 2021

- 8 Juni 2021, 13:58 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di sela kunjungan ke Desa Wisata Aneuk Laot, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Minggu 2 Mei 2021.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di sela kunjungan ke Desa Wisata Aneuk Laot, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Minggu 2 Mei 2021. /Pikiran Rakyat/Hendro Susilo Husodo/

PURWAKARTA NEWS – Dalam rangka membangkitkan sektor pariwisata di desa, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat tengah menyiapkan 100 desa wisata bisa mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Ajang tersebut diselengarakan langsung oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Di Jabar ada sekitar 5312 desa. Nanti kami akan usulkan dari yang embrio, berkembang dan desa wisata yang sudah maju. Target ada 100 desa wisata yang ikut dalam anugerah tersebut,” ujar Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik Selasa, 8 Juni 2021.

Baca Juga: Ini Jawab MUI Soal Polemik Pemberian Sertifikasi Dai

Dia menjelaskan, beberapa kriteria desa yang dipilih nantinya akan menyesuaikan dengan kategori yang diusung. Yakni, CHSE, Desa Digital, Souvenir (kuliner, fesyen dan kriya), daya tarik wisata (berbasis alam, budaya atau buatan), konten kreatif, penginapan dan kamar kecil.

“Kami akan menyiapkan secara maksimal. Kami harus optimis karena desa di Jawa Barat punya keunikan. Seperti Desa Cibuntu, Desa Cipasung ada juga Ciptagelar, banyak sekali. Ini kami sedang pilih,” katanya.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta 8 Juni 2021, Andin Tahu Elsa yang Membunuh Roy

“Pak menteri juga menyebut akan meng-create bahwa pertumbuhan (ekonomi) bisa muncul di desa,”kata menyambung.

Kegiatan tersebut sejalan dengan visi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui beragam program yang ingin menjadikan desa sebagai opsi kebangkitan perekonomian melalui tagline Tinggal di Desa, Rejeki Kota, Bisnis Mendunia.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x