Antisipasi Klaster Industri, Bekasi Siapkan Hotel Karantina Pasien COVID-19

- 3 Desember 2020, 23:58 WIB
Ribuan buruh dari berbagai perusahaan menjalani tes usap di Kawasan Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Kamis, 3 Desember 2020.
Ribuan buruh dari berbagai perusahaan menjalani tes usap di Kawasan Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Kamis, 3 Desember 2020. /Pikiran-rakyat.com/Tommi Andryandy/

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat kembali menyiapkan skema penggunaan hotel sebagai lokasi karantina pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan di wilayahnya.

"Sedang berproses, disiapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk hotel isolasi terpusat nanti," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Masrikoh di Cikarang, Kamis 3 Desember 2020 dilansir dari Antara.

Ia mengatakan langkah ini sebagai antisipasi lonjakan kasus positif COVID-19 dari klaster industri menyusul kegiatan tes usap massal terhadap 1.200 pekerja pabrik di tahap pertama yang mulai dilakukan hari ini.

Baca Juga: Garut Terus Dilanda Longsor

"Potensi kenaikan kasus ini yang wajib kita antisipasi dengan penanganan serius," katanya.

Pemkab Bekasi, kata dia, sudah menyiapkan Hotel Ibis di wilayah Cikarang sebagai pusat isolasi mandiri pasien COVID-19.

Selain menyiapkan hotel, kata dia, pemerintah daerah juga tengah menambah kapasitas tempat isolasi mandiri terpusat di Wisma President University Jababeka.

Baca Juga: Zona Merah COVID-19, Kota Bandung Terapkan PSBB proporsional

"Kita sedang upayakan penambahan bed di Wisma President University dari semula kapasitasnya hanya 60 ruang menjadi 500 karena memang di sana lokasinya relatif luas bahkan daya tampungnya bisa mencapai 1.000 tempat tidur," katanya.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x