Hari Kesehatan Mental Sedunia: 5 Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda, Apa Saja?

- 10 Oktober 2022, 11:47 WIB
Hari Kesehatan Mental Sedunia: 5 Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda, Apa Saja?
Hari Kesehatan Mental Sedunia: 5 Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda, Apa Saja? /

PURWAKARTA NEWS - Pada hari ini, Senin 10 Oktober 2022 kerap sekali disebut dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Kesehatan mental mendapat perhatian yang semestinya. Mungkin Anda pernah melihat diskusi tentang masalah kesehatan mental di televisi, serial, acara favorit Anda, atau bahkan di media sosial.

Ini juga karena ada peningkatan prevalensi masalah kesehatan mental. Faktanya, sekitar satu dari lima orang dewasa di AS hidup dengan gangguan mental, menurut National Institute of Mental Health (NIMH).

Baca Juga: Tanpa kita Sadari, 9 Makanan Ini Membahayakan Kesehatan Anda

Baca Juga: Inilah Manfaat Charcoal untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dapat Menghilangkan Komedo Juga!

Data ini cukup mengkhawatirkan dan menunjukkan perlunya kita semua membicarakannya secara lebih terbuka dengan menghilangkan stigma yang terkait dengannya.

Dengan melakukan ini, anda yang menderita masalah kesehatan mental dapat dengan mudah menemukan solusi.

Setiap kondisi kesehatan mental berbeda untuk setiap orang dan mungkin memerlukan jenis perawatan yang berbeda. Tetapi untuk Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022, dilansir dari Purwakarta News kami menyajikan 5 kebiasaan yang akan meningkatkan kesehatan mental anda.

Baca Juga: Jenis dan Cara Menggunakan Charcoal yang Memiliki Manfaat untuk Menjaga Kesehatan Gigi!

Menurut ahli, sangat penting untuk memperhatikan diri sendiri dan melakukan upaya untuk mengelola stres jika ingin menjaga kesehatan mental.

Anda tidak akan pernah berjuang dengan penyakit mental setelah Anda belajar bagaimana mengendalikan tingkat stres Anda. Akan ada kedamaian dan ketenangan dalam hidup Anda.

Berikut adalah 5 kebiasaan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental:

1. Dapatkan kesadaran diri

Amati pikiran, perilaku, dan tindakan yang dihasilkan sehingga Anda dapat menjadi lebih objektif dan membuat keputusan yang lebih baik. Dengan mendapatkan kesadaran diri, Anda dapat memahami diri sendiri dan bahkan orang lain dengan lebih baik.

Baca Juga: Jenis dan Cara Menggunakan Charcoal yang Memiliki Manfaat untuk Menjaga Kesehatan Gigi!

Baca Juga: Viral! Ini 10 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan, Jika Diminum Setiap hari

Ini membantu dalam menentukan keadaan pikiran yang lebih baik, menghindari tindakan impulsif dan melalui stres yang lebih rendah. Banyak kali kita merasa sulit untuk memeras waktu untuk meningkatkan kesehatan mental kita. Pastikan Anda meluangkan waktu 'Saya' untuk introspeksi dan perbaikan diri.

2. Pelajari cara menghadapi hal-hal negatif

Membuat keputusan dapat dibuat lebih sulit ketika seseorang dalam suasana hati atau keadaan yang buruk. Periksa keadaan dan cari cara konstruktif untuk memerangi hal-hal negatif.

Latihan yoga dan meditasi dapat membantu dalam situasi ini. Restrukturisasi kognitif, yang melibatkan modifikasi pemikiran untuk menghilangkan pikiran negatif, dapat digunakan untuk merampingkan pikiran. Semua atau tidak sama sekali pemikiran, generalisasi berlebihan, personalisasi, dan bencana adalah beberapa contoh distorsi kognitif.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Charcoal untuk Kesehatan! Dapat Memutihkan Gigi!

Baca Juga: Kaya Akan Kandungan Antioksidan! Inilah 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit!

Terkadang, situasinya bisa tampak mengerikan dan tanpa harapan. Dalam keadaan seperti itu, membicarakan sesuatu dengan teman atau anggota keluarga yang terpercaya atau meminta bantuan dapat membantu Anda melewati masa-masa sulit.

3. Pantau kesehatan fisik dan mental Anda

Kesehatan fisik dan kesehatan mental berjalan beriringan. Pastikan tingkat kebugaran Anda dinilai secara berkala. Bertujuan untuk berat badan yang sehat dan hubungan positif terhadap makanan.

Fokus pada kebugaran daripada hanya terlihat kurus. Diabetes, masalah jantung diketahui berhubungan dengan kecemasan dan depresi. Stres dapat memperburuk asma, hipertensi sistemik, jerawat, rambut rontok.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung ? 5 Buah ini Yang Wajib Dikonsumsi Jika Ingin Sehat

Halaman:

Editor: Putra Juang

Sumber: Healthshots


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x