Purwakarta Gelontorkan Rp20,4 Miliar untuk Cari 170 Kades Pilihan Rakyat

- 9 April 2021, 19:22 WIB
Kepala DPMD Purwakarta, Jaya Pranolo
Kepala DPMD Purwakarta, Jaya Pranolo /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS – Tahapan pemilihan kepala desa di Purwakarta sudah berlangsung. Sejauh ini hingga Jumat 9 April 2021, Pilkades berada pada tahapan inventarisir data pemilih sementara atau DPS.

Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo.

Jaya mengatakan pelaksanaan tahap pencoblosan Pilkades diagendakan serentak pada 25 Agustus 2021. Dari 183 desa yang ada, 170 di antaranya menggelar Pilkades.

Baca Juga: Vaksinasi bagi Lansia di Purwakarta Resmi Digelar, Sasar 4300 Jiwa

Adapun saat ini sudah memasuki sejumlah tahapan. Salah satunya, tahapan inventarisasi data pemilih sementara (DPS). Adapun inventarisasi DPS ini, merujuk pada data Pilpres 2019.

"Alhamdulillah, saat ini sudah memasuki tahapan inventarisasi DPS," ujar Jaya, Jumat 9 April 2021.

Jaya menyebutkan, anggaran pilkades serentak ini sebesar Rp 20,4 miliar. Rinciannya, Rp 18,4 miliar bersumber dari APBD. Sisanya, yang Rp 2 miliar lagi dari dana desa. Adapun, anggaran dana desa itu, khusus membiaya kepentingan protokol kesehatan.

Baca Juga: Jaga Ekosistem Lingkungan, Bupati Anne Ratna Mustika Tanam Pohon di Desa Citalang Tegalwaru

Mengingat, sampai saat ini Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dengan begitu, saat pelaksanaan pilkades nantinya, tetap harus menjaga protokol kesehatan. Yakni, adanya pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x