Bupati Purwakarta Ajak Seluruh Warga Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

- 6 April 2021, 09:53 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika /Fajar Maritim

PURWAKARTA NEWS - Data yang diperoleh dari Pendataan Keluarga Tahun 2021 merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengajak seluruh warga Purwakarta untuk berperan aktif menyukseskan sensus penduduk secara mandiri. Warga hanya perlu mempersiapkan dokumen sesuai yang dibutuhkan.

"Berikan informasi yang lengkap, valid dan benar. Karena data yang diberikan, merupakan awal dari perencanaan pembangunan di Kabupaten Purwakarta. Mari sukseskan Pendataan Keluarga tahun 2021 untuk Purwakarta Istimewa," kata Ambu Anne, belum lama ini.

Baca Juga: Milad Sekolah Mutiara Insani Ke-7 Dimeriahkan Lomba Menulis Artikel

Menurutnya, warga hanya perlu mempersiapkan dokumen kartu keluarga dan surat nikah atau akta cerai. "Nanti petugas atau kader pendata akan datang ke rumah-rumah warga," tuturnya.

Sementara, terkait laju pertumbuhan penduduk di wilayah tersebut, Anne menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta pada akhir Maret kemarin telah mengeluarkan terobosan baru guna menekan angkanya. Yakni, melalui program keluarga berencana yang dihadirkan di setiap poliklinik perusahaan lewat layanan alat kontrasepsi jangka panjang.

Ia juga mengatakan dari data Dinas Kesehatan Purwakarta, ada setidaknya 2 ribu angka kelahiran yang berasal dari penduduk bukan ber-KTP Purwakarta namun bekerja di sektor industri yang ada di Purwakarta. "Kami ingin coba tekan laju pertumbuhan agar tidak terlalu banyak lewat terobosan ini, sebab kami melihat karyawati di perusahaan seluruh Purwakarta banyak yang berusia subur," kata Ambu Anne.

Baca Juga: AHY Siap Maafkan Pelaku KLB Deli Serdang, Tapi Tidak Akan Lupa

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purwakarta mencatat, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir terjadi lonjakan penduduk di wilayah ini. Saat ini jumlah penduduk Purwakarta mencapai 996.000 jiwa atau naik 145.000 jiwa dari 2010 lalu.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x