Harga Daging Makin Gila, Ormas PPI Jabar Pertanyakan Kinerja Bulog

- 9 Mei 2021, 16:58 WIB
Pedagang daging sapi yang ada di Pasar Senen mengatakan mulai ada kenaikan harga jelang lebaran 2021
Pedagang daging sapi yang ada di Pasar Senen mengatakan mulai ada kenaikan harga jelang lebaran 2021 /Pikiran Rakyat/ Amir Faisol/

PURWAKARTA NEWS - Ormas Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Jawa Barat (Jabar), pertanyakan peran perusahaan umum milik negara (Perum) Bulog dalam mengintervensi harga daging yang terus mengalami kenaikan.

Pasalnya, menjelang hari raya Idul Fitri 2021 harga daging di pasar mulai terkendali, bahkan harganya semakin menggila.

Baca Juga: Ini Daftar Kendaraan yang Boleh Beroperasi di Masa Mudik Lebaran 2021

Ketua PPI Jabar, Ahmad Baehaqi mengungkapkan, seharusnya Bulog dan jaringan distributornya, misalnya PT. Suri Nusantara Jaya dapat efektif bekerja dan hadir secara nyata membantu masyarakat mendapatkan harga daging sapi yang wajar dan terjangkau.

"Dikhawatirkan, bila pasca lebaran harga daging belum turun, jangan sampai justru terjadi aroma monopoli dan perilaku kartel. Jika ini terjadi, jelas akan merugikan masyarakat," tegasnya.

Baca Juga: Berbagi Kisah, Natasha Wilona Pernah Tinggal di Rumah Kayu dan Makan Seadanya

Karena itu, PPI Jawa Barat mengajak semua elemen dan stakeholder, terutama KPPU, untuk mengontrol pihak yang berpotensi melakukan monopoli dan kartel distribusi daging frozen asal India, yang seharusnya dinikmati masyarakat kecil di masa-masa terjadi pergolakan harga seperti sekarang ini.

Baca Juga: Jadwal Shalat, Buka Puasa dan Imsak Kabupaten Purwakarta, Minggu 9 Mei 2021 atau 27 Ramadan 1442

"Pemicu naiknya harga daging sapi fresh, karena harga sapi import dari Australia sudah sangat mahal. Sementara sapi lokal tidak mampu memberi pasokan yang cukup ke rumah potong hewan. Harga karkas saja sudah mencapai Rp.105.000/kg saat ini bergerak ke Rp.110.000/kg. Fakta itulah yg menjelaskan mengapa harga daging naik menjadi Rp 140.000/kg atau lebih," pungkasnya.***

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x