Ini Alasan Utama Ade Yasin Dukung Bogor Timur Mekar

- 17 April 2021, 14:38 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin.
Bupati Bogor Ade Yasin. /Instagram.com/@ademunawarohyasin

PURWAKARTA NEWS - Jumlah penduduk di Kabupaten Bogor sudah padat atau 'overload'. Hal inilah yang membuat Bupati Bogor Ade Yasin mendukung pemekaran wilayah Bogor Timur.

Ade Yasin menyebutkan pemekaran Kabupaten Bogor Timur ini kebutuhan sangat 'urgent'.

"Karena luas wilayahnya juga cukup besar, sekarang ini Kabupaten Bogor bebannya seperti beban provinsi," ungkapnya di Cibinong usai menghadiri rapat paripurna Persetujuan Bersama Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Jumat 16 April 2021 dilansir dari Antara.

Baca Juga: Korlantas Polri Sosialisasikan Peniadaan Mudik Lebaran Tahun 2021

Menurutnya, penduduk Kabupaten Bogor yang kini berjumlah 5,4 juta jiwa dinilai terlalu banyak bagi Pemkab Bogor untuk melakukan pelayanan dan pembangunan yang optimal.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebutkan bahwa CDPOB merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan.

"Dalam periode 2018-2023 di targetkan enam usulan pembentukan calon daerah persiapan otonom baru yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat masing-masing satu untuk tahun 2020 dan 2021, dan tahun 2022-2023 masing-masing dua usulan," kata Emil.

Baca Juga: PPP Ingatkan Jajaran Kabinet Stop Bikin Beban Politik bagi Presiden

Kini dua CDPOB yang diusulkan yaitu Bogor Timur dan Indramayu Barat. Menurutnya, Pemprov Jabar telah mengantongi persyaratan administratif untuk melakukan pemekaran terhadap dua wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x