Percuma Reboisasi Jika Hutan Dibabat Tiap Hari, DM Tagih Janji Menteri Hentikan Tambang di Areal Perhutani

- 23 November 2021, 20:45 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi mendatangi lokasi yang diduga terjadi penambangan ilegal yang merusakan hutan di Karawang.
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi mendatangi lokasi yang diduga terjadi penambangan ilegal yang merusakan hutan di Karawang. /Dok. Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi (DM) menilai, kegiatan reboisasi yang dilakukan pemerintah tidak ada artinya jika setiap hari hutan di kawasan Perhutani terus dibabat oleh penambangan.

Karena itu, Dedi Mulyadi menagih janji Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya soal mengeluarkan surat edaran penghentian tambang di areal Perhutani.

"Saya ingatkan sudah dua bulan lalu ada janji dari Ibu Menteri akan mengeluarkan surat edaran penghentian seluruh kegiatan penambangan di areal Perhutani di berbagai wilayah," ucap Kang Dedi Mulyadi.

Baca Juga: Humanis, Polres Purwakarta Terjunkan Polwan Kawal Aksi Demo Buruh

Waktu itu, kata Dedi, menteri meminta waktu untuk melakukan kajian. Namun ia merasa kajian tersebut terlalu panjang dan hingga kini penambangan masih terus berjalan.

"Tapi menurut saya kajianya sudah lewat. Karena lewat satu hari saja bisa habis sekian ribu pohon, bisa habis sekian ribu batu dan mineral. Jadi berpacu dengan waktu. Sampai hari ini kami belum pernah mendapat surat edaranya," katanya.

Di sisi lain Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pemanfaatan hutan untuk sawit hingga penambangan terlampau kecil yakni Rp 11 juta. Sementar pengusaha bisa menghasilkan miliaran dari memanfaatkan hutan.

Baca Juga: Tuntut Dedi Mulyadi Minta Maaf, Puluhan Mahasiswa STIE Dr KHEZ Muttaqien Gelar Aksi Protes

"Kok pengusaha tuh selalu dikasih keringanan sehingga kekayaan mereka melimpah. Kalau semakin melimpah, negara bisa diatur mereka ujungnya. Karena mereka akan punya kekuatan dari berbagai sektor," ucap Dedi.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x