Pemerintah Kucurkan Rp400 Miliar Kembangkan Vaksin COVID-19 Dalam Negeri

- 14 April 2021, 10:33 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat menjalani vaksinasi Covid-19.
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat menjalani vaksinasi Covid-19. /Dok. Setneg.go.id

PURWAKARTA NEWS - Pemerintah sudah menganggarkan Rp400 miliar untuk penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 dalam negeri.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendukung penuh pengembangan vaksin Covid-19 dalam negeri tersebut.

Dilansir dari PMJNews, Budi Gunadi Sadikin dalam Workshop Pengawalan Vaksin Merah Putih, menyebutkan, Kemenkes sudah mengalokasikan anggaran untuk tahun ini Rp400 miliar untuk mendukung, bersama dengan Kemenristek/BRIN, penelitian-penelitian vaksin.

Baca Juga: Kutip Ayat Alquran, Joe Biden Sampaikan Selamat Ramadhan

Budi mengaku bangga dengan adanya penelitian vaksin yang dikembangkan perguruan tinggi bersama para ahli. Pasalnya, Indonesia sangat membutuhkan vaksin untuk menangani pandemi Covid-19.

"Walaupun agak terlambat kita lakukan sekarang, karena kita sangat membutuhkan vaksin-vaksin asli Indonesia agar bisa mengatasi masalah resiliensi, health resilience," ujarnya Selasa 13 April 2021.

Saat ini setidaknya ada 6 lembaga penelitian dan perguruan tinggi yang tengah berupaya menghadirkan vaksin Covid-19 bernama vaksin merah putih.

Baca Juga: Pemkab Purwakarta Gandeng Akademisi untuk Seleksi Calon Kepala Desa

Vaksin tersebut dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan Universitas Airlangga (Unair), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gadjah Mada.***

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x