Jangan Sepelekan: Bangun Tidur Dengan Tangan Mati Rasa, Apa Penyebabnya?

- 16 September 2022, 16:53 WIB
Jangan Sepelekan: Bangun Tidur Dengan Tangan Mati Rasa, Apa Penyebabnya?
Jangan Sepelekan: Bangun Tidur Dengan Tangan Mati Rasa, Apa Penyebabnya? /

PURWAKARTA NEWS - Pernahkah Anda terbangun dengan perasaan tangan mati rasa?

Jangan dianggap sepele bangun tidur dengan tangan mati rasa, bisa saja karena posisi tidur yang kurang tepat dan bisa juga ada hal serius yang harus diperhatikan.

Keadaan tangan mati rasa tentunya membuat kita panik, kenapa sih hal ini bisa terjadi?

Bangun  tiba-tiba dengan tangan mati rasa  adalah gejala umum yang menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Sensasi kesemutan yang aneh di tangan ini menandakan  hilangnya sensasi atau sentuhan.

Baca Juga: Inilah Manfaat Charcoal untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dapat Menghilangkan Komedo Juga!

Baca Juga: Jenis dan Cara Menggunakan Charcoal yang Memiliki Manfaat untuk Menjaga Kesehatan Gigi!

Ini sering kali hanya merupakan gejala yang tidak berbahaya, akibat  tubuh Anda menekan saraf di lengan Anda saat Anda tidur  , atau menekan saraf kaki Anda saat disilangkan terlalu lama.

Tapi itu juga bisa menunjukkan beberapa penyakit bila disertai dengan gejala lain, seperti nyeri, gatal, mati rasa dan atrofi otot, dan penting untuk mendiagnosisnya sejak dini. Benar?

Jadi kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa alasan untuk ini.

Baca Juga: Viral! Ini 10 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan, Jika Diminum Setiap hari

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Charcoal untuk Kesehatan! Dapat Memutihkan Gigi!

Apa itu mati rasa tangan?
Tangan Anda memiliki ujung saraf khusus, yang bertanggung jawab untuk menangkap rangsangan internal dan eksternal untuk membawa informasi ke sistem saraf dan kemudian diproses oleh otak.

Reseptor ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi banyak fungsi penting seperti suhu dalam tubuh Anda, rangsangan nyeri, getaran, tekanan, dll.

Mereka terhubung melalui saraf ke otak, jika satu atau lebih dari saraf ini ditekan atau rusak karena alasan tertentu, ada kemungkinan otak tidak menerima semua informasi yang dikirim oleh tangan, dan akibatnya bisa  membangunkan Anda dengan tangan mati rasa.

Baca Juga: Kumpulan Berita Zodiak Kesehatan Hari Ini, Jumat 16 September 2022

Baca Juga: Kaya Akan Kandungan Antioksidan! Inilah 5 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit!

Penyebab tangan dan kaki mati rasa:

1. Sindrom terowongan karpal
Terowongan   karpal  adalah lorong  sempit yang ada di pergelangan tangan, dan melalui bagian tengah terowongan melewati  saraf median , salah satu saraf utama di tangan, ketika terjepit atau tekanan di tingkat pergelangan tangan menyebabkan carpal  tunnel syndrome. Hal ini biasa terjadi pada orang yang bekerja dalam aktivitas berulang, seperti mengetik, atau menghabiskan banyak waktu di depan komputer, karena hal ini dapat menyebabkan peradangan pada jaringan di sekitar saraf.

Selain mati rasa, ibu jari, telunjuk, dan jari tengah Anda mungkin sedikit bengkak dan kesemutan atau nyeri. Jika Anda merasa teridentifikasi dengan gejala-gejala tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

2. Kekurangan vitamin atau mineral
Kekurangan vitamin B1, B6, B12, E dan niacin terutama dapat menyebabkan kesemutan di tangan karena sangat penting untuk kesehatan saraf yang baik.

Baca Juga: Ingin Wajah Bersih Dari Jerawat? Inilah Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Wajah

Baca Juga: Penting! Inilah 4 Buah Yang Kaya Manfaat Terhadap Kesehatan: Delima, Jeruk Bali, Nanas dan Apel

Selain itu, kekurangan vitamin tidak hanya menyebabkan perubahan saraf,  kekurangan mineral seperti kalium atau magnesium  adalah penyebab lain yang dapat menyebabkan kram otot dan Anda terbangun dengan tangan mati rasa.

3. Tidur dalam posisi yang buruk
Jika Anda tidur terlalu lama di lengan atau tangan tertentu, itu dapat memberi tekanan dan ketegangan padanya, menekan saraf di anggota tubuh Anda dan mengakibatkan perasaan mati rasa yang mengerikan di tangan Anda.

4. Cakram hernia
Tulang belakang tulang belakang dipisahkan oleh  cakram intervertebralis  , yang menyerupai bantal lembut, jika ada cakram yang rusak akan menyebabkan kompresi pada saraf dan mungkin berakhir melukai mereka. Hal ini membuat Anda merasa kesemutan, yang menandakan adanya perubahan pada saraf tersebut.

Halaman:

Editor: Putra Juang

Sumber: Educadores Live


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini