Pentingnya Peran Ibu di 1000 Hari Pertama Kehidupan si Buah Hati

- 8 Maret 2021, 17:23 WIB
Acara Refesment 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), pada Senin, 8 Februari 2021, di aula DPPKB Kabupaten Purwakarta.
Acara Refesment 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), pada Senin, 8 Februari 2021, di aula DPPKB Kabupaten Purwakarta. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode emas bagi tumbuh kembang si buah hati. Nutrisi dan stimulasi yang diterima anak akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya anak secara jangka panjang.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat, saat membuka acara Refesment 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), pada Senin, 8 Februari 2021, di aula DPPKB Kabupaten Purwakarta.

Fase 1000 HPK terbagi menjadi tiga yaitu pada masa kehamilan, satu tahun pertama setelah kelahiran, dan masa balita (tahun kedua).

Baca Juga: Sinopsis Samudra Cinta 8 Maret 2021: Ariel dan Intan Kembali Dekat, Novan Kepergok Selingkuh dengan Bela

Baca Juga: Link Streaming dan Sinopsis Ikatan Cinta 8 Maret 2021: Tingkah Lucu Andin Bikin Aldebaran Tersenyum Malu

"1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode emas bagi tumbuh kembang anak, dimana Ibu memiliki peranan penting dalam memberikan tiga kebutuhan dasar anak dalam hal asah, asih dan asuh," ungkap Yayat.

Dalam kesempatan itu juga Yayat menjelaskan, jika perkembangan massa otak 70 sampai 80 persen terjadi pada 1000 HPK dimulai sejak anak masih dalam kandungan.

Karena sebab itu, masa kritis pertumbuhan seorang anak sangat ditentukan pada masa 1000 HPK, di mana milestone untuk anak harus terbentuk dengan baik pada masa ini.

Banyak hal yang menentukan keberhasilan 1000 HPK, mulai dari nutrisi, stimulasi, dan tentunya bonding orang tua dan anak sejak masih dalam kandungan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah