Relawan Sajajar Kenalkan Sosok Ganjar Pranowo Lewat Seni Wayang Golek Kepada Ribuan Warga Purwakarta

- 14 Oktober 2023, 12:00 WIB
Ribuan masyarakat Purwakarta menyaksikan pagelaran Wayang Golek Dalang Anom Yogaswara Sunandar Sunarya di Kampung Citalang, Desa Citalang, Jumat malam 13 Oktober 2023.
Ribuan masyarakat Purwakarta menyaksikan pagelaran Wayang Golek Dalang Anom Yogaswara Sunandar Sunarya di Kampung Citalang, Desa Citalang, Jumat malam 13 Oktober 2023. /Ist.

PURWAKARTA NEWS - Relawan Sajabar Jeung Ganjar (Sajajar) di Kabupaten Purwakarta mengadakan pagelaran seni Wayang Golek di Lapangan Kampung Citalang, Desa Citalang, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Jumat malam, 13 Oktober 2023.

Gema panggung mewah bertabur seni lighting itupun disambut hangat oleh masyarakat Purwakarta. Dimana, pagelaran seni wayang golek oleh Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya dari Giri Harja 3 itu berhasil menarik ribuan masyarakat dari berbagai daerah untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Sang dalang mengorkestrasi Panayagan tepat pukul 21:00 Wib, diawali dengan kemunculan tokoh wayang Si Cepot sebagai pembuka dengan membawakan tema Kang Ganjar Saba desa jaga lembur lewat lakon Wahyu Cakra Ningrat.

Baca Juga: Haji Amor Tegaskan Golkar Purwakarta Berkomitmen Dorong Program-program Pro Rakyat

Baca Juga: DPUTR Purwakarta Terus Genjot Pembangunan Jalan dan Jembatan

Yogaswara Sunandar Sunarya yang tak lain anak ke 11 dari mendiang dalang Maestro Alm Asep Sunandar Sunarya ini, lewat sosok si Cepot menyebut sosok Ganjar Pranowo yang memiliki asal usul pendiri Nahdatul Ulama (NU) dan mempunyai darah Sunda dari leluhurnya yang asli Galuh.

"Pak Ganjar merupakan cucu berikut mantu salah satu pendiri Nahlatul Ulama (NU), K.H Hisyam, Pak Ganjar memiliki  perhatian yang sangat besar terhadap budaya yang ada di Jawa Barat, karena budaya merupakan jati diri bangsa. Jangan sampai bangsa ini kehilangan budayanya, karena akan hilang jati dirinya," ujar dalang disela pagelaran dengan lakon Wahyu Cakra Ningrat.

Mengangkat Budaya seni sunda, relawan Sajajar ingin kembali mengeksistensikan pagelaran Wayang Golek pada masyarakat Purwakarta.

Ketua Gema Milenial Purwakarta (GMP) Antony Fahmy sekaligus ketua panitia penyelenggara menyebut, acara yang digelar tersebut bertujuan untuk menjaga berikut melestarikan spiritualitas adat budaya sunda. Terlebih, Wayang Golek merupakan bagian dari pelestarian budaya Sunda Jawa Barat. 

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x