Keren! Miniatur Kapal Pinisi Karya Seorang Warga Purwakarta Dikenal hingga Mancanegara

- 10 Oktober 2021, 18:22 WIB
Arifin, wara Purwakarta sedang membuat miniatur Kapal Pinisi.
Arifin, wara Purwakarta sedang membuat miniatur Kapal Pinisi. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Kerajinan miniatur Kapal Pinisi buah karya dari Arifin (47) warga Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta dikenal hingga berbagai wilayah di Indonesia, bahkan mancanegara.

Miniatur Kapal Pinisi berbahan utama kayu jati tersebut dibuat dengan berbagai ukuran, seperti ukuran 18 cm, 27 cm, hingga 1 meter, tergantung pesanan pembeli.

"Biasanya saya menjual kerajinan ini ke luar provinsi di Indonesia, seperti Kalimantan, Sulawesi, hingga bahkan ada juga pesanan ke mancanegara, seperti Malaysia, Cina, dan Jerman," papar Arifin pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

Baca Juga: Heboh! Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Cirata Purwakarta, Kondisi Sudah Membengkak

Baca Juga: 170 Desa di Purwakarta Akan Gelar Pilkades pada 16 Oktober 2021

Untuk ukuran sedang atau ukuran 1 meter x 30 cm, ditambahkan Arifin, pengerjaannya memerlukan waktu selama dua minggu. Sedangkan untuk ukuran yang kecil atau 18 cm, dalam seminggu bisa memproduksi sebanyak lima unit.

"Untuk sekarang saya fokus buat yang ukuran besar dengan lebar 25 cm. Kalau ukuran yang kecil sudah sedikit peminatnya," ujarnya.

Ketika disinggung terkait kendala yang sering kali dihadapi saat membuat miniatur Kapal Pinisi, Arifin menyebut, terletak pada pembuatan pola dan membentuknya.

Baca Juga: Hore! Minggu 10 Oktober 2021 Kampanye Perdana Pilkades Serentak Kabupaten Purwakarta

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini