Kreativitas di Balik Jeruji Besi, Warga Lapas Purwakarta Bikin Kerajinan Tangan dari Bahan Kayu

- 15 September 2021, 23:08 WIB
Petugas Lapas Kelas IIB Purwakarta menunjukan hasil karya warga binaan.
Petugas Lapas Kelas IIB Purwakarta menunjukan hasil karya warga binaan. /

PURWAKARTA NEWS - Ada yang menarik dari Warga Binaan Permasyarakat (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta. Meski kehidupannya saat ini di dalam jeruji besi namun tak menghalangi mereka untuk berkarya dan melahirkan sebuah kreativitas.

Digagas oleh Kalapas Purwakarta Sopiana, warga binaan permasyarakatan saat ini tengah disibukan dengan memproduksi kerajinan tangan dari bahan kayu dan besi hasil karya tangan dingin mereka.

Kerajinan tangan yang dihasilkan mereka seperti, lemari TV, jam dinding kayu, meja, rak bunga dan lainnya.

Baca Juga: Loker 2021,  PT Astra International Cari Sarjana Semua Jurusan Penempatan Kerja di Jakarta

Bahkan apa yang diproduksi oleh mereka akan dijual ke masyarakat umum. Hal tersebut guna membantu kebutuhan pribadi warga binaan.

Sopiana mengatakan, hal ini sebagai upaya memberdayakan para WBP dalam suatu kegiatan kemandirian terutama bagi WBP yang mempunyai skill, serta keterampilan dalam bidang perkayuan dan perbengkelan.

"Melalui kegiatan seperti ini juga bisa terpantau bahwa banyak WBP yang memiliki skill dalam membuat berbagai macam produk kerajinan, serta hasil yang didapatkan juga dikategorikan cukup baik dan mempunyai nilai jual," ujar Sopiana, kepada wartawan pada  Rabu 15 September 2021.

Baca Juga: LSP Purwakarta Minta DPR Segera Bentuk Pansus RTRW, Ini Alasannya!

Program kemandirian ini, kata dia, merupakan pembinaan dari penyelenggara pemasyarakatan petugas pemasyarakatan terutama di Lapas Purwakarta dalam mendidik serta membina para pelanggar hukum di Negara ini agar menjadi manusia sosial yang mempunyai skill dan keterampilan.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x