Satgas Citarum Sektor 13, Fokus Penghijauan

- 14 September 2021, 10:30 WIB
Satgas Citarum Harum sekotr 13 fokus penghijauan.
Satgas Citarum Harum sekotr 13 fokus penghijauan. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Tak hanya membersihkan Bantaran sungai, Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 13 juga lakukan kegiatan pemeliharaan ribuan pohon yang sebelumya ditanam di lahan kritis tepatnya di Gunung Bayu, Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Komandan Sektor 13 Kolonel Inf Dwi Sunyata, mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan upaya tindak lanjut dari penanaman pohon yang sudah dilakukan anggota Satgas Citarum Sektor 13 pada waktu sebelumnya. Tentunya dalam pelaksanaan pembersihan tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Bukan hanya penanaman saja tetapi perawatan pun sangat penting agar ribuan pohon yang kita tanam bisa tumbuh sesuai harapan," ujar Dansektor.

Baca Juga: Istimewa! Kabupaten Purwakarta Kembali Menyandang Predikat PPKM Level 4

Baca Juga: Amerika Gigit Jari Lantaran Huawei akan Luncurkan 6G 

Dansektor menjelaskan salah upaya penyelamatan dan perawatan pohon yang ditanam ini yaitu, dengan pembabatan rumput liar yang mengganggu pertumbuhan pohon sehingga tanaman ini bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Tujuan dari kegiatan ini tidak lain, untuk melakukan percepatan konservasi lahan kritis dan gersang menjadi lahan terbuka hijau. "Mengembalikan keasrian alam serta lahan terhindar dari erosi," katanya.

Tak hanya fokus penghijauan, Satgas Citarum Sektor 13 juga tak bosan mengajak masyarakat yang berada di sekitar Gunung Bayu untuk bersama-sama merawat pohon yang ditanam serta mengajak untuk menjaga kebersihan sungai Citarum.

Baca Juga: KAI Daop 2 Wajibkan Penumpang Kereta Sudah Vaksinasi Covid-19, Minimal Dosis 1

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x