Mahasiswa UNSIKA yang Laksanakan KKN di Desa Karyamulya Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik Berbasis Digital

- 7 September 2022, 14:51 WIB
Mahasiswa UNSIKA yang Laksanakan KKN di Desa Karyamulya Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik Berbasis Digital
Mahasiswa UNSIKA yang Laksanakan KKN di Desa Karyamulya Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik Berbasis Digital /Dok. Unsika/

PURWAKARTA NEWS - Kelompok 11 Mahasiswa Universitas Singaperbangsa (Unsika) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Karyamulya telah sukses menggelar pelatihan dasar-dasar Jurnalistik berbasis digital yang dihadiri oleh Komunitas Baca Perpustakaan Bincang.

Kegiatan pelatihan dasar-dasar Jurnalistik yang digelar Mahasiswa itu dihadiri oleh Kepala Desa Karyamulya serta peserta yang sebanyak 50 peserta.

Pelatihan dasar-dasar Jurnalistik berbasis digital ini telah sukses diselenggarakan pada Minggu, 04 September 2022 lalu.

Webinar ini diselenggarakan untuk Komunitas Baca Perpustakaan Bincang Batujaya, Karawang selaku mitra kami serta pelatihan ini juga terbuka untuk umum.

Acara yang mengangkat tema “Pelatihan Dasar – Dasar Jurnalistik Berbasis Digital Pada Komunitas Baca Perpustakaan Bincang Batujaya, Karawang” ini berlangsung melalui aplikasi bernama Zoom serta di Balai Desa Karyamulya.

Baca Juga: Puteri Komarudin Apresiasi Keberhasilan UNSIKA Menjadi PT Terbaik di Tingkat Nasional

Hendra Setiawan selaku dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Unsika sekaligus selaku dosen pembingbing Mahasiswa KKN mengatakan, jurnalis harus tetap menjaga independensinya.

Dengan bekal Kode Etik Jurnalistik seperti yang telah tertuang dalam UU Nomor 40 Tahun 1999, setiap langkah dalam melaksanakan liputan tidak boleh ada yang tertinggal. Karena wartawan itu harus konfirmatif dan menjunjung tinggi keberimbangan.

"Selain itu, pada praktiknya dimungkinkan ada beberapa hal yang bisa dibicarakan dengan narasumber. Berdiskusi dulu terkait produk yang akan ditulis nantinya seperti pada wawancara ekslusif.” kata Hendra Setiawan.

Halaman:

Editor: Solahudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x