Mengenal Upacara Adat Nyangku, Tradisi di Panjalu Ciamis

- 21 Juli 2022, 04:39 WIB
Proses Pemandian Pusaka dalam Upacara Tradisi Nyangku
Proses Pemandian Pusaka dalam Upacara Tradisi Nyangku /Foto @bagjaaaa.id pada penelitian 2021/

PURWAKARTA NEWS - Indonesia dikenal sebagai negara pluralis, terbanyak tradisi budaya yang terdapat di negeri ini. Keberagaman budaya, tradisi menjadi ciri khas indonesia yang kaya akan perbedaan di setiap daerahnya. Salah satu terdapat di kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Artikel ini akan mengenalkan anda sebuah tradisi di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tradisi budaya ini adalah upacara adat nyangku, simak artikel ini sampai akhir.

Upacara adat nyangku merupakan upacara prosesi mencuci dan membersihkan benda pusaka peninggalan Raja Panjalu, Prabu Sanghyang Borosngora yang biasa dilakukan setiap satu tahun sekali di bulan Maulid atau Rabiul Awal.

Baca Juga: Mengenal Rajah dalam Kebudayaan Sunda

Baca Juga: Ratusan Masyarakat Subang Meriahkan Festival Tujuh Sungai Ke-7

Makna dilaksanakannya upacara adat ini adalah untuk menghormati peninggalan pusaka leluhur sebagai ungkapan terima kasih atas jasa-jasa leluhur Panjalu yang telah menyebarkan agama Islam di wilayah Galuh, Ciamis, khususnya di Kecamatan Panjalu

Oleh karena itu, tradisi ini diadakan setiap bulan maulid minggu terakhir di hari senin atau kamis. Inti dalam ritual ini adalah pembersihan benda-benda pusaka yang dimiliki oleh Kerajaan Panjalu.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Lisan atau Pribahasa di Masyarakat Sunda

Baca Juga: Sudah Mengenal Istilah-Istilah Waktu dalam Kebudayaan Sunda? Cek Disini penjelasannya

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x