Lima Kuliner Khas Khas Daerah Ditetapkan Warisan Budaya Tak Benda Oleh Jawa Barat, Apa Saja?

- 7 Maret 2022, 15:25 WIB
alah satu kuliner khas daerah Jawa Barat yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tahun 2022, Galendo, asal Ciamis. (Humas Pemda Jabar)
alah satu kuliner khas daerah Jawa Barat yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tahun 2022, Galendo, asal Ciamis. (Humas Pemda Jabar) /

PURWAKARTA NEWS - Lima kuliner khas daerah Jawa Barat ditetappkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tahun 2022.

Lima kuliner yang ditetapkan oleh Pemprov Jabar tersebut yakni, Empal Gentong, Dodol ketan, Bubur Suro, Galendo, Moci Sukabumi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Benny Bachtiar, menuturkan penetapan lima kuliner khas daerah tersebut bentuk perhatian pemerintah untuk melindungi kebudayaan nasional termasuk juga di Jawa Barat.

Baca Juga: Fakta Terbaru Soal Mayat Tangmo Nida Meninggal Mengenaskan dan Penuh Misteri

"Dalam penetapan WBTB tersebut terdapat sejumlah hal atau faktor yang dilakukan seperti perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan," kata Benny, dalam keterangannya, Senin 7 Maret 2022.

Menurut dia hal tersebut saling berkaitan dan perlu ada kolaborasi dalam pemeliharaan antara Pemprov Jawa Barat dan pemerintah kabupaten/kota.

"Kami berharap dengan potensi-potensi yang dimiliki hari ini bisa memberikan semangat untuk mengembangkan seni tradisi yang ada. Selain itu jadi kekuatan ekonomi baru di sektor kebudayaan. Tentunya bisa menghidupi para seniman dan budayawan," kata dia.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Resmikan Rumah Warga Sempur

Untuk mengengenal Lima kuliner khas asal Jabar yang ditetapkan sebagai WBTB yaitu pertama ialah bubur Suro dari Cirebon.

Bubur Suro biasa tersaji saat upacara selamatan, khususnya saat memasuki tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram dalam kalender hijriah atau tanggal 10 Suro dalam penanggalan Jawa.

Berdasarkan keterangan dari laman disbudpar.cirebonkota.go.id, bubur Suro terbuat dari bubur beras, santan kelapa, dan lauk pauk, seperti sambal goreng, ayam suwir, ikan asin jambal, dan bahan lainnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x