Rangkuman Invasi Rusia ke Ukraina: 95 Persen Kekuatan Tempur Terkumpul di Ukraina, TikTok Batasi Layanan

- 7 Maret 2022, 11:34 WIB
Rangkuman Invasi Rusia ke Ukraina: 95 Persen Kekuatan Tempur Terkumpul di Ukraina,  TikTok Batasi Layanan/Daily mall
Rangkuman Invasi Rusia ke Ukraina: 95 Persen Kekuatan Tempur Terkumpul di Ukraina, TikTok Batasi Layanan/Daily mall /

PURWAKARTA NEWS - Invasi Rusia ke Ukraina masih berlangsung, gencatan senjata sendiri pun diberlakukan Rusia dan Ukraina.

Invasi Rusia ke Ukraina pun telah berlangsung sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan hal itu secara resmi pada 24 Februari lalu.

Hingga saat ini ketegangan antara dua negara tersebut masih berlangsunf. Serangang rusia pun telah meledakan sejumlah kota di Ukraina, diantaranya Kyiv, Odessa, Kharkiv dan Mariupol. Hingga saat ini ketegangan masih berlangsung.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Senin 7 Maret 2022: Aquarius Kerja Keras Akan Terbayar, Pisces Fokus Pada Bakat

Berikut ini rakngkuman terbaru dari invasi Rusia ke Ukraina yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan 95% kekuatan tempur Rusia yang terkumpul sekarang ada di Ukraina. Pasukan Rusia dilaporkan telah menembakkan total 600 rudal sejak invasi dimulai.
  • Pertempuran berlanjut di Mykolaiv dan Kherson, saat pasukan Rusia melanjutkan upaya mereka untuk mengepung Mariupol, Chernihiv, Kharkiv dan Kyiv.
  • Vladimir Putin mengatakan aksi militer Rusia tidak akan berhenti sampai tuntutannya dipenuhi. Ini termasuk penarikan pasukan NATO dari negara-negara blok pasca-Soviet di dekat perbatasannya dan demiliterisasi Ukraina.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Senin 7 Maret 2022 di Trans TV: Ada Olymphus Has Fallen dan God Of Gamblers 3 Back To Shanghai

  • Badan Energi Atom Internasional, pengawas nuklir global, mengatakan "sangat prihatin" dengan laporan sebuah pembangkit nuklir, yang terbakar setelah serangan pekan lalu, berada di bawah perintah komandan Rusia yang pasukannya merebutnya. Staf di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia sekarang dilaporkan menerima perintah dari komandan Rusia. Sementara itu, Rusia terpaksa mematikan jaringan seluler dan koneksi internet di wilayah tersebut.
  • Presiden Prancis Emmanuel Macon telah menelepon Putin untuk membahas serangan Rusia terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina dan evakuasi warga sipil melalui jalur kemanusiaan.
  • Macron mengatakan dia akan bertemu dengan Putin lagi secara langsung, dengan harapan mengakhiri perang. Presiden Turki Tayyip Erdogan juga mendesak Putin untuk mengumumkan gencatan senjata di Ukraina, membuka koridor kemanusiaan dan menandatangani perjanjian damai. Sebagai anggota NATO, Turki berbagi perbatasan laut di Laut Hitam dengan Rusia dan Ukraina dan telah menikmati hubungan baik dengan kedua negara.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Senin 7 Maret 2022 di Trans TV: Ada Olymphus Has Fallen dan God Of Gamblers 3 Back To Shanghai

  • Di kota selatan Mariupol, dewan kota menyalahkan penembakan Rusia karena mencegah pelarian warga sipil, karena jumlah korban tewas warga sipil yang mencoba melarikan diri dari zona konflik terus meningkat, meskipun Rusia setuju untuk membuka koridor kemanusiaan untuk evakuasi warga sipil. putaran kedua pembicaraan damai pekan lalu.
  • Negosiator mengatakan Ukraina dan Rusia akan mengadakan pembicaraan putaran ketiga Senin. Dua putaran pembicaraan sebelumnya gagal memberikan gencatan senjata, meskipun Rusia telah setuju untuk membuka rute kemanusiaan bagi pengungsi sipil—sebuah komitmen yang sayangnya tidak ditepati, dengan laporan penembakan Ukraina oleh Rusia di titik-titik evakuasi.
  • PBB melaporkan bahwa lebih dari 1,5 juta orang kini telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga, termasuk Polandia, Hongaria, Rumania, dan Moldova. Ini adalah krisis kemanusiaan yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia II.
    Tiga orang dilaporkan tewas di titik penyeberangan evakuasi di luar Kyiv, memicu ketakutan bagi warga sipil Ukraina yang terperangkap di kota Kyiv, Mariupol dan Volnovakha.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini di MNCTV, Senin 7 Maret 2022: Ada Cinta Anak Soleh dan Misteri Gunung Merapi

  • Para pejabat intelijen Barat mengharapkan Rusia untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan serangan di pusat-pusat populasi utama, termasuk ibu kota Kyiv, yang dapat meningkatkan korban sipil.
  • TikTok menangguhkan layanannya di Rusia, karena pemerintah memberlakukan undang-undang baru dengan pembatasan ketat pada pelaporan tentang "operasi militer khusus" di Ukraina. Netflix juga telah menghentikan layanannya di negara tersebut. ***

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: thethaiger.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x