Jadi Ini Biang Kerok Banjir Bandang di Bogor

- 19 Januari 2021, 22:03 WIB
Bencana longsor dan banjir bandang terjadi di Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor.
Bencana longsor dan banjir bandang terjadi di Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor. /Dok. BNPB Indonesia

PURWAKARTA NEWS - Wilayah Gunung Mas, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, diterpa banjir bandang, Selasa 19 Januari 2021. Akibatnya sebanyak 900 jiwa harus mengungsi ke tempat yang aman.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan banjir bandang di wilayah tersebut disebabkan hujan dengan intensitas tinggi.

"Banjir tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang disertai longsoran dari gunung," jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Selasa 19 Januari 2021 dilansir Purwakarta News dari PMJNews.

Baca Juga: Sahrul Gunawan Jalani Isolasi Mandiri, Khawatir Kemasukkan COVID-19

Berdasarkan data BMKG, wilayah Kota Bogor dan sekitarnya diperkirakan juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam tiga hari ke depan.

"BNPB selalu menghimbau kepada warga untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan berlangsung hingga Februari 2021," ujarnya.

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor sementara ini warga diungsikan ke rumah kerabat dan sebagian menempati Wisma PTPN 8 Gunung Mas.

Baca Juga: Laba Bumdesma Dulur Rahayu Meningkat, Langsung Sumbang 10 Desa di Purwakarta

"Kondisi di lokasi saat ini masih belum kondusif. Banjir susulan masih terjadi pada pukul 12.05 WIB," ujarnya.***

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x