Indonesia Pastikan OKI Bersatu Bantu Palestina

- 17 Mei 2021, 14:26 WIB
Seorang pemuda berjalan di sebuah reruntuhan gedung usai terkena serangan Israel di Gaza.
Seorang pemuda berjalan di sebuah reruntuhan gedung usai terkena serangan Israel di Gaza. /Reuters/Mohammed Salem

PURWAKARTA NEWS - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan sejumlah petinggi negara lainnya membahas agresi Israel ke Palestina dalam Extraordinary Open-ended Ministerial Meeting of the OIC Executive Committee yang diselenggarakan secara virtual.

“Maka dari itu, dalam pertemuan tersebut Indonesia menyampaikan beberapa langkah yang harus dilakukan OKI (Organisasi Kerja Sama Islam),” kata Retno Marsudi dilansir dari PMJNews, Senin 17 Mei 2021.

Indonesia mengusulkan langkah-langkah yang meliputi memastikan adanya persatuan antara negara anggota OKI dan seluruh pemangku kepentingan di Palestina. Sebab, tanpa persatuan tersebut, OKI tidak mampu bergerak dan memberi dukungan untuk Palestina dan sebaliknya.

Baca Juga: Jokowi, Muhyiddin Yassin, dan Hassanal Bolkiah Kutuk Israel

Lebih lanjut, Indonesia juga menyuarakan adanya gencatan senjata. Dalam hal ini, Retno meminta kepada negara OKI untuk menggunakan pengaruh yang dimiliki untuk mendorong upaya gencatan senjata serta seluruh tindakan kekerasan wajib dihentikan.

“Tentunya, OKI harus mengupayakan adanya gencatan senjata sesegera mungkin,” ujarnya.

“Tapi jelas, saya sampaikan perjuangan untuk mendukung kemerdekaan Palestina ini masih jauh dari kata selesai. Together we have to act now, yang jelas Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina,” tambah Retno.

Sementara itu, Retno pun menjelaskan pertemuan darurat antar negara OKI ini nantinya akan menghasilkan sebuah resolusi. Namun, sampai saat ini pembahasan terkait resolusi tersebut masih terus dilakukan.

Baca Juga: Semua Korban Tenggelam di Kedung Ombo Berhasil Ditemukan, Berikut Daftar Namanya

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x