Puncak Kenaikan Kasus Covid-19 pasca Lebaran Diperkirakan Akhir Juni

- 31 Mei 2021, 23:54 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin /Twitter @kemenkesRI

PURWAKARTA NEWS - Puncak dari kenaikan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran diperkirakan terjadi pada akhir Juni mendatang. Perkiraan ini mengacu pada data peningkatan kasus yang biasanya terjadi dalam kurun waktu 5-7 pekan.

Pernyataan ini sebagaimana disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi menindak lanjuti Presiden Joko Widodo yang sempat menanyakan prediksi puncak lonjakan kasus covid-19 pasca-libur Lebaran.

"Kenaikan itu akan mencapai puncaknya sekitar 5-7 minggu. Jadi kemungkinan kenaikan kasus diperkirakan sampai puncaknya akhir bulan ini," kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta dilansir dari PMJNews, Senin 31 Mei 2021.

Baca Juga: Politisi Sudah Banyak, Alumni HMI Didorong Jadi Pengusaha

Menurut Budi, kasus aktif Covid-19 terus meningkat pasca libur Lebaran. Hingga kini, jumlah kasus aktif kembali menembus angka 100 ribu. Namun, angka ini masih jauh dari rekor tertinggi pada awal 2021 yang mencapai 170 ribu.

"Ada peningkatan dan kemarin kita sudah menyentuh kembali angka 100 ribu kasus aktif, naik dari paling rendah kita sempat sampai di bawah 90 ribu," ujarnya.

Baca Juga: Pelaporan Dugaan Pelanggaran Etik Lima Pimpinan KPK Masih Diproses Dewas

Pada kesempatan yang sama, Budi menyampaikan pemerintah telah menyiapkan seluruh layanan kesehatan untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Selain itu, pemerintah juga mempersiapkan 72 ribu tempat tidur khusus pasien Covid-19.

"Sekarang sudah naik angkanya sekitar 25 ribu tempat tidur yang terisi, naik sekitar 20-25 persen. Kami sampaikan memang kenaikannya agak tinggi, tetapi kita masih memiliki kapasitas sampai 72 ribu," ujarnya.***

Editor: Fajar Maritim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x