Pendemo di Indonesia Ajak Boikot Produk Amerika Serikat dan Israel

- 18 Mei 2021, 23:12 WIB
Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama (di atas mobil) berorasi saat berunjuk rasa depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Jakarta, Selasa (18/5/2021), untuk menyuarakan dukungan kepada bangsa Palestina.
Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama (di atas mobil) berorasi saat berunjuk rasa depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, di Jakarta, Selasa (18/5/2021), untuk menyuarakan dukungan kepada bangsa Palestina. /ANTARA/Genta Tenri Mawangi/

PURWAKARTA NEWS - Seluruh masyarakat di Indonesia diajak untuk memboikot produk-produk buatan AS dan Israel demi membela perjuangan rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

Hal ini diserukan demonstran yang berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), di Jakarta, Selasa 18 Mei 2021.

Menurut mereka, boikot terhadap produk buatan dua negara itu harus dilakukan, karena AS diyakini mendukung serangan militer Israel terhadap rakyat Palestina, yang saat ini telah memasuki minggu kedua.

Baca Juga: Mendagri Ingatkan Pemda Kompak Cegah Lonjakan Covid-19 usai Hari Raya

“Sesungguhnya Israel tidak punya kekuatan apa-apa. Dia merasa kuat dan besar karena kekuatan Zionis didukung oleh Amerika Serikat. Kekuatan politik AS, suka tidak suka, didukung oleh kekuatan ekonominya. Maka, kalau kita ingin melawan Zionis Israel, AS tidak ada cara lain kita harus boikot kekuatan ekonominya,” kata Wakil Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Amin Ngabalin dilansir dari Antara.

Total perdagangan Indonesia dan Amerika Serikat pada 2020 mencapai 27,2 miliar dolar AS dengan surplus bagi Indonesia sebesar 10,04 miliar dolar AS.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi, melalui keterangan tertulisnya bulan lalu, menyebut produk-produk yang menyumbang nilai dagang dua negara di antaranya barang-barang elektronik, komoditas laut, perabotan, perhiasan, dan produk kimia.

Tidak hanya itu, AS merupakan negara yang masuk dalam 10 investor terbesar di Indonesia. Nilai investasi AS ke Indonesia pada 2020 mencapai 480,1 juta dolar AS.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Capai 23 Juta Dosis

Halaman:

Editor: Fajar Maritim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x