Kemenkes Hentikan Sementara Penggunaan Vaksin AstraZeneca, Ada Apa?

- 17 Mei 2021, 10:03 WIB
Vaksin Covid-19.
Vaksin Covid-19. /Pixabay/Ali Raza/

PURWAKARTA NEWS - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siri Nadia Tarmizi mengungkapkan, saati penggunaan vaksin AstraZeneca dengan jenis CTMAV547 dihentikan sementara.

"Tidak semua batch vaksin AstraZeneca warna distribusi dan penggunaannya. Hanya batch CTMAV547 yang warnanya sementara," ungkap Siti Nadia Tarmizi, dilansir Purwakarta News dari laman PMJ News, pada Senin 17 Mei 2021.

Baca Juga: Link Streaming Ikatan Cinta Hari Ini, Berikut Jadwal Acara RCTI Senin 17 Mei 2021

Dikatakannya, pada batch CTMAV547 sedang dilakukan pengujian toksisitas dan sterilitas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal tersebut menyusul laporan kasus Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) fatal dari vaksin AstraZeneca

"Penghentian sementara CTMAV547 adalah upaya upaya kehati-hatian pemerintah untuk memastikan vaksin ini. Sambil menunggu hasil penelitian dan pengujian dari BPOM yang kemungkinan memerlukan waktu satu hingga dua minggu," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Acara MNCTV Senin 17 Mei 2021: Ada Rising Star Indonesia Dangdut dan Kembalinya Raden Kian Santang

Dia menambahkan, batch CTMAV547 saat ini mungkin 448.480 dosis dan merupakan bagian dari 3.852.000 dosis AstraZeneca yang diterima Indonesia pada tanggal 26 April 2021. Batch vaksin ini sudah dikirim untuk TNI dan sebagian ke DKI Jakarta dan Sulawesi Utara.

Nadia memastikan Batch AstraZeneca selain CTMAV547 aman digunakan. Masyarakat pun melayani tidak perlu ragu menerima suntikan vaksin AstraZeneca.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x