Lowongan Kerja di Event Purwakarta Job Fair 2023 Tak Cukup Tampung Puluhan Ribu Warga yang Masih Nganggur

- 26 Mei 2023, 14:18 WIB
Para pencari kerja di Event Purwakarta Job Fair 2023.
Para pencari kerja di Event Purwakarta Job Fair 2023. /Foto: Diskominfo Purwakarta

PURWAKARTA NEWS - Ribuan lowongan kerja yang disediakan pada event Purwakarta Job Fair 2023 yang digelar oleh Pemkab Purwakarta di 23-25 Mei 2023 masih belum cukup untuk menampung warga Purwakarta yang masih menganggur.

Menurut data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta tercatat ada sebanyak 38.979 pencari kerja mengajukan lamaran pekerjaan dalam Purwakarta Job Fair 2023 ini.

Dari jumlah itu, 37.022 orang melamar pekerjaan untuk pekerjaan di dalam negeri, sementara 1.957 orang mengajukan lamaran untuk penempatan kerja di luar negeri. Sedangkan jumlah lowongan kerja pada event ini hanya tersedia sebanyak 3.057 lowongan kerja.

Baca Juga: Berminggu-minggu Air PDAM Resahkan Masyarakat Purwakarta, Anne Ratna Mustika Lakukan Ini

3.057 lowongan kerja pada event Purwakarta Job Fair 2023 ini terdiri dari 1.181 lowongan kerja di dalam negeri, sedangkan untuk penermpatan kerja di luar negeri sebanyak 1.876 lowongan kerja.

Lowongan kerja ke luar negeri meliputi sejumlah negara di Eropa, yakni Slovakia, Rumania, dan Polandia. Tujuan kerja lainnya adalah sejumlah negara raksasa ekonomi di Asia, yakni Jepang, Taiwan dan Hongkong.

Satu tujuan lainnya adalah negara ekonomi maju di Timur Tengah, yakni Arab Saudi. Sementara dua negara lain yakni Singapura dan Malaysia, juga menjadi negara tujuan lain penempatan kerja.

Baca Juga: Kepengurusan Kadin Purwakarta Masih Tak Jelas, BPH HIPMI: Jika Dibiarkan Seperti Ini, Apa Kata Dunia?

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam keterangannya mengatakan, besarnya antusiasme para pencari kerja itu menunjukan kegiatan semacam Purwakarta Job Fair 2023 harus lebih sering diselenggarakan.

Halaman:

Editor: Aik Hakiki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x