Tempat Wisata Alam di Purwakarta Rawan Bencana, Wisatawan Diimbau Waspada

- 21 Januari 2022, 07:36 WIB
Via Ferata, salah satu jalur menuju puncak Gunung Parang, wisata alam di Purwakarta.
Via Ferata, salah satu jalur menuju puncak Gunung Parang, wisata alam di Purwakarta. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Sejumlah tempat wisata terutama wisata alam yang berada di Kabupaten Purwakarta masuk dalam wilayah rawan bencana alam.

Untuk itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) setempat meminta masyarakat yang hendak berlibur maupun pengelola tempat wisata untuk selalu berwaspada dan memperhatikan keselamatan.

"Terlebih musim liburan kali ini memasuki musim penghujan, dikahwatirkan terjadi longsor dan bencana alam lainnya untuk itu harus selalu waspada," ujar Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, Jumat, 21 Januari 2022.

Baca Juga: Jadwal Sholat Wilayah Purwakarta dan Sekitarnya Jumat, 21 Januari 2022

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Purwakarta Jumat, 21 Januari 2022

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Wibi itu mengingatkan, setiap pengelola tempat wisata diminta untuk memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP), manajemen resiko bencana, serta membentuk tim safety di lokasi wisata sebagai upaya mengantisipasi jatuhnya korban.

"Untuk keselamatan bersama, pengunjung pun harus memahami aturan keamanan yang diterapkan objek wisata," ucapnya.

Diketahui, beberapa wilayah Kabupaten Purwakarta memiliki sejumlah tempat wisata yang biasa menjadi tujuan wisatawan lokal maupun dari luar daerah Purwakarta seperti, objek wisata Wanayasa, objek wisata air terjun atau curug, hingga wisata Gunung Parang di Kecamatan Tegalwaru.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Purwakarta Jumat, 21 Januari 2022

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini