Ribuan Pasangan Suami Istri di Purwakarta Belum Punya Buku Nikah

- 17 November 2021, 21:36 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat memberikan buku nikah kepada masyarakat yang ikut sidang isbat hikah terpadu di Kecamatan Kiarapedes pada Rabu, 17 November 2021.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat memberikan buku nikah kepada masyarakat yang ikut sidang isbat hikah terpadu di Kecamatan Kiarapedes pada Rabu, 17 November 2021. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Ribuan pasangan suami istri (Pasutri) di Kabupaten Purwakarta masuk dalam waiting list pengajuan sidang Isbat nikah terpadu.

Hal tersebut, diungkapkan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika ketika menghadiri acara Isbat nikah terpadu yang digelar Pemkab Purwakarta bersama Kementrian Agama (Kemenag) dan Pengadilan Agama setempat di Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta pada Rabu, 17 November 2021.

"Masih banyak pasutri yang belum memiliki buku nikah ataupun akta nikah. Hal itu berdasarkan data dari sistem yang sudah waiting list ada sekitar 1.500 pasutri yang mengajukan sidang Isbat nikah terpadu," ucap Bupati yang akrab disapa Ambu Anne tersebut.

Baca Juga: Pemkab Purwakarta Seharusnya Malu, Urusan Pasar Saja Masih Dikerjakan DPR RI

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, Puluhan Wartawan di Jabar Ikuti UKW di Purwakarta

Nantinya, kata dia, pasutri yang sudah masuk waiting list, bakal menjadi skala prioritas sidang Isbat nikah di tahun depan bagi pasutri yang belum memiliki buku nikah tersebut.

Diungkapkannya, ada beberapa faktor penyebab banyak pasutri di Purwakarta tidak memiliki buku nikah yang dikeluarkan oleh Kantor Kemag setempat.

"Sebetulnya banyak faktor, bukan hanya faktor ekonomi. Misalkan, ada kultur yang masyarakatnya masih menganggap mereka tidak membutuhkan pencatatan kependudukan seperti ini, padahal pencatatan seperti ini sangat dibutuhkan untuk segala administrasi kependudukan," ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Pasangan Nikah Siri di Purwakarta Ikuti Sidang Isbat

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini