KEREN! Padi Gogo yang Ditanam Petani Jadi Penyumbang Hasil Produksi Beras Purwakarta

- 17 November 2021, 08:05 WIB
Petani Purwakarta menanam padi gogo
Petani Purwakarta menanam padi gogo /Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta

PURWAKARTA NEWS - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta mengajak petani tanam padi gogo. Pasalnya, saat ini sudah memasuki musim penghujan. Sehingga, lahan-lahan tidur bisa segera dimanfaatkam untuk bercocok tanam.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Tatang Sopian, mengatakan, tanam padi gogo itu satu tahun sekali atau dua tahun sekali. Terutama, saat musim penghujan seperti sekarang ini. 

"Jadi, musim penghujan ini waktu yang tepat untuk menanam padi gogo," ujarnya, kepada Purwakarta News, Rabu 17 November 2021.

Tanam padi gogo ini, yakni memanfaatkan lahan tidur. Seperti, di lahan hutan, ladang atau kebun. Salah satu keuntungannya, hasil panen dari bercocok tanam ini bisa menjadi bahan ketahanan pangan keluarga. 

Baca Juga: Ramalan Shio Ayam, Anjing, dan Babi Rabu, 17 November 2021: Saatnya Bersantai dan Bersenang-senang

Baca Juga: Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Pemkab Purwakarta Gelar Apel Kesiapsiagaan

Baca Juga: Perkuat Moderasi Beragama, Yayasan Hade Rancage Gelar Pelatihan Untuk Guru PAI di Purwakarta

Untuk luasan lahan yang sudah ditanami padi gogo ini, mencapai 275 hektare. Lahan tersebut, tersebar di sejumlah kecamatan. Seperti, Jatiluhur, Bojong, Cibatu, Campaka, Babakan Cikao dan Sukatani.

Padi gogo ini, biasanya menjadi selingan bagi petani. Salah satunya untuk memanfaatkan lahan tidur, saat musim penghujan. Karenanya, padi gogo tidak masuk dalam target produksi di tingkat kabupaten.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini