Pertahankan Eksistensi, Pengrajin Keramik Plered Purwakarta Lakukan Inovasi

- 18 September 2021, 20:32 WIB
Pengrajin keramik Plered Purwakarta terus berinovasi agar bisa mempertahankan eksitensi pasar.
Pengrajin keramik Plered Purwakarta terus berinovasi agar bisa mempertahankan eksitensi pasar. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Tingginya persaingan dalam dunia bisnis membuat para pelaku usaha dituntut melakukan inovasi demi mempertahankan eksistensi pasar.

Hal tersebut juga turut dirasakan oleh para pengrajin gerabah atau keramik di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Salah satu pengrajin gerabah asal Plered Purwakarta, Ventry (30) mengatakan, Langkah inovasi baru bisa menjadi langkah yang tepat untuk menghadapi persaingan, dan dinilai cukup efektif untuk memenangkan pasar.

Baca Juga: Keren! Pemuda di Purwakarta Ubah Sampah Jadi Barang Bernilai Ekonomis Lewat Bank Sampah

"Tidak adanya inovasi akan membuat konsumen merasa bosan, dan akhirnya meninggalkan produk," katanya, pada Sabtu, 18 September 2021.

Saat ini, lanjutnya, dirinya sedang mengembangkan inovasi baru dengan membuat keramik dengan pewarnaan berbahan dasar dari batu dan tanah yang berwarna. Dengan begitu, kerajinan tangan berbahan dasar tanah liat itu pun akan lebih menarik.

"Suhu panas yang diberikan juga naik 100 dari biasanya 900 menjadi 1.000 demi menjaga keutuhan warna keramik dan hasilnya pun maksimal. Dalam inovasi ini, keramik langsung jadi," ungkapnya.

Baca Juga: Gagal Nyalip, Seorang Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk di Purwakarta

Adapun keunggulan dari inovasi ini, lanjut dia, keramik lebih kuat juga warna yang dihasilkan lebih natural, berbeda dengan keramik yang telah dibuat sebelumnya.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini