Keren! Pemuda di Purwakarta Ubah Sampah Jadi Barang Bernilai Ekonomis Lewat Bank Sampah

- 18 September 2021, 20:00 WIB
Karang Taruna Desa Mekarsari, Purwakarta sedang Memilah Sampah.
Karang Taruna Desa Mekarsari, Purwakarta sedang Memilah Sampah. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Aksi nyata yang terbilang keren dilakukan oleh sejumlah pemuda tergabung dalam Taruna Karya Mekarsari di Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Di mana, para pemuda tersebut bisa merubah sampah rumah tangga menjadi barang bernilai ekonomis. Mereka melakukannya melalui Bank Sampah.

Agenda bersih-bersih hingga mengumpulkan sampah tersebut sudah dilakukan para pemuda Taruna Karya. Bahkan, Bank Sampah setempat telah terbentuk sejak 2019 lalu.

Baca Juga: Gagal Nyalip, Seorang Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk di Purwakarta

"Selain untuk kebersihan lingkungan, sampah-sampah yang dikumpulkan juga dipilah dan yang bernilai jual dikumpulkan untuk kemudian dijual ke pengepul barang rongsokan," terang Yudiana (32) salah seorang penggerak Bank Sampah sekaligus tokoh pemuda setempat pada Sabtu, 18 September 2021.

Untuk menjadikan sampah menjadi nilai ekonomi, lanjut Yudi, Taruna Karya Mekarsari bekerjasama dengan warga setempat. Setiap harinya, warga diharuskan mengumpulkan sampah rumah tangga yang kemudian dikumpulkan di satu tempat.

Sampah yang bisa dijual kemudian ditabungkan di Bank Sampah. Setiap tahunnya, masing-masing warga akan menerima hasil penjualan sampah yang telah ditabungkan sebelummya.

Baca Juga: Tak Banyak Yang Tahu Ternyata Istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina Miliki Cita-cita Ini

"Setelah terkumpul, kita keliling rumah warga mengumpulkan sampah bernilai jual. Setiap warga mempunyai catatan atau buku tabungan masing-masing, dan setiap menjelang lebaran Idul Fitri, tabungan sampah warga tersebut kita uangkan atau kita bayarkan. Meski tak banyak, lumayanlah untuk nambah uang belanja warga," ujarnya.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x