Emak-emak Asal Purwakarta Tanam Sayuran di Pekarangan Rumah untuk Ketahanan Pangan Keluarga

- 20 Agustus 2021, 17:25 WIB
Panen perdana sayuran KWT Mitra Asih Kelurahan Purwamekar
Panen perdana sayuran KWT Mitra Asih Kelurahan Purwamekar /Kelompok Wanita Tani Mitra Asih

PURWAKARTA NEWS - Masa pandemi Covid-19, terasa sangat berat. Pasalnya, seluruh sektor terpukul oleh wabah mematikan ini. Ekonomi masyarakat sangat terdampak dan lumpuh.

Seolah ingin berdamai dengan situasi yang tak menentu ini, emak-emak yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT) Mitra Asih, di lingkungan RW 06, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, berbudidaya tanam sayuran.

Uniknya, menanam sayuran ini dilakukan di pekarangan rumah. Para emak-emak ini, memanfaatkan lahan yang ada, dengan menanam sayuran untuk ketahanan pangan keluarga.

Ketua KWT Mitra Asih, Helen Setianingtyas, mengatakan, emak-emak ini merupakan ibu rumah tangga, yang sehari-harinya mengurus keluarga. Saat pandemi ini, mereka menambah aktivitas dengan menanam sayuran. 

Baca Juga: Forkopimda Purwakarta Ujicobakan Protokol Kesehatan Berbasis Aplikasi Bagi Pekerja Industri

Baca Juga: Lowongan Kerja Agustus 2021, PT Indocement Tunggal Cari S1 dan S2 Jurusan Teknik

Baca Juga: Ari Lasso Posting Foto di Rumah Sakit, Ada Apa? Begini Komentar Rekan Sesama Artis

"Kami menanam sayuran hijau, cabe-cabean dan lainnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan keluarga," ujarnya, Jumat 20 Agustus 2021.

Ternyata, kegiatan para emak-emak ini mendapatkan dukungan dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta. Bahkan, instansi ini menerjukan tim ahli, sebagai pendamping dari Balai Penyuluh Pertanian Kelurahan Nagrikidul, Kecamatan Purwakarta.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x