Sulitnya Pembelajaran Daring di Sukasari Purwakarta, Terkendala Jaringan Internet dan Faktor Ekonomi

- 27 Juli 2021, 14:13 WIB
Proses pembelajaran sistem kelompok ala SMPN 2 Sukasari, Kabupaten Purwakarta.
Proses pembelajaran sistem kelompok ala SMPN 2 Sukasari, Kabupaten Purwakarta. /Tim Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Dampak pandemi Covid-19 bagi dunia pendidikan begitu terasa. Di mana pendidikan saat ini dipaksa untuk beradaptasi pada sistem belajar mengajar revolusioner, yakni dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara daring.

Pembelajaran secara daring ini guru dan siswa harus memanfaatkan teknologi, yaitu smartphone dan jaringan internet.

Namun, dalam mengimplementasikan pembelajaran secara daring terkadang muncul masalah tersendiri bagi tenaga pengajar dan peserta didik. Apalagi bagi yang tinggal di wilayah dengan keterbatasan jaringan internet atau keluarga miskin yang tak mampu membelikan anaknya gawai yang canggih.

Baca Juga: PPKM Level 4 Purwakarta Sampai 2 Agustus 2021, Makan di Tempat 20 Menit dan Hanya 3 Orang

Hal tersebut terjadi di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Kecamatan Sukasari. Guru maupun siswa yang tinggal di kecamatan paling ujung di Kabupaten Purwakarta ini cukup merasakan sulitnya belajar daring selama pandemi Covid-19. Dari jaringan internet yang tidak memadai, sampai faktor ekonomi.

Ada dua desa di Kecamatan Sukasari yang masih terkendala dan lemahnya sinyal internet, yakni Desa Sukasari dan Desa Parungbanteng.

Kepala Sekolah SMPN 2 Sukasari, Heri Kusnandar mengatakan sistem pembelajaran daring di sekolahnya itu digelar secara online atau daring, namun hanya sebagian siswa yang bisa mengikutinya.

Baca Juga: Biodata Nazwa atau Nazwaft Selebgram TikTok yang Viral Usai Foto Mirip Dirinya Beredar di Twitter

"Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring tidak bisa berjalan dengan maksimal. Karena masih terkendala signal atau jaringan internet," ucap Heri, pada Selasa, 27 Juli 2021.

Halaman:

Editor: Aga Gustiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x