Bupati Purwakarta Jadi Narasumber Seminar Nasional, Sampaikan Inovasi Metrologi

- 25 Mei 2021, 23:05 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menjadi narasumber seminar nasional bertajuk Sinergi Metrologi Pulihkan Ekonomi Nasional
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menjadi narasumber seminar nasional bertajuk Sinergi Metrologi Pulihkan Ekonomi Nasional /Fajar Maritim

PURWAKARTA NEWS - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menjadi narasumber seminar nasional bertajuk Sinergi Metrologi Pulihkan Ekonomi Nasional yang diselenggarkaan secara daring oleh Direktorat Metrologi dan BSN.

Diketahui, dalam rangka memperingati Hari Metrologi Dunia (World Metrologi Day) 2021, Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan BSN mengadakan Seminar Nasional tanggal 24-25 Mei 2021 dan Talkshow pada tanggal 27 Mei 2021 mendatang.

Dari Aula Janaka, Komplek Perkantoran Pemkab, Selasa 25 Mei 2021, Bupati Purwakarta memaparkan materi dengan topik Ceu Ati (Cek Ukuran Akurasi Timbangan) dan Tertib Ukur sebagai salah satu inovasi sesuai dengan visi Kabupaten Purwakarta mewujudkan perekonomian rakyat yang kokoh berbasis desa.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Rabu 26 Mei 2021, Ada Preman Pensiun, Ikatan Cinta dan Amanah Wali

"Perekonomian yang kokoh dapat dicapai diantaranya dengan terwujudnya perlindungan konsumen, salah satunya dengan terciptanya tertib ukur dengan indikator alat ukur yang dipakai dalam berdagang itu bertanda tera sah yang berlaku," kata Ambu Anne.

Menururnya, untuk mewujudkan tertib ukur diperlukan beberapa proses, salah satunya mempromosikan keberadaan metrologi kepada masyarakat luas.

"Sejak kewenangan metrologi beralih ke daerah, sejalan dengan program yang telah dilakukan sebelumnya yaitu mendekatkan pelayanan terpadu dari desa ke desa yang diberi nama gempungan, metrologi pun hadir dari desa ke desa untuk memberikan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur," ungkap Ambu.

Baca Juga: Jadwal Acara TV di MNCTV Rabu 26 Mei 2021: Ada Raden Kian Santang dan Naga Merah

Kata dia, tujuan dibentuk pasukan Ceu Ati ini untuk meminimalisasi kecurangan timbangan yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab, sehingga masyarakat yang berbelanja bisa merasa aman serta terlindungi.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

x