Kodim Purwakarta Sudah Sosialisasikan Komponen Cadangan

- 9 April 2021, 21:18 WIB
Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan dalam kegiatan motivasi kepada personel Kodim 0619/Purwakarta, Kamis 11 Maret 2021
Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan dalam kegiatan motivasi kepada personel Kodim 0619/Purwakarta, Kamis 11 Maret 2021 /Purwakarta News

PURWAKARTA NEWS - Komando Distrik Militer (Kodim) 0619 Purwakarta sudah melakukan sosialisasi yang terkait dengan komponen cadangan ke sejumlah elemen masyarakat.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan, Jumat 9 April 2021 dijumpai usai berkegiatan di Kecamatan Tegalwaru bersama Bupati Purwakarta.

"Untuk komponen cadangan kita sudah sosialisasikan ke berbagai elemen masyarakat," ujar Dandim.

Baca Juga: Objek Vital PJB Cirata Antisipasi Aksi Teror dan Gempa Bumi

Namun demikian, ia mengungkapkan untuk perekrutan komponen cadangan di Purwakarta belum dapat dilakukan karena memang belum ada ketetapan terkait hal tersebut.

"Belum, belum. Rekrutmen belum ada. (Komponen Cadangan) dari Kementerian Pertahanan belum ada (perekrutan)," ujarnya.

Dilansir dari Antara, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad menjelaskan Menhan Prabowo menginginkan agar ada penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Baca Juga: Ketangguhan Srikandi Prokompim Pemkab Purwakarta, Siap Meski Jam 3 Subuh

Menhan Prabowo, kata dia, berharap pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) yang termasuk di dalam PP tersebut dapat berjalan maksimal.

Dari pembentukan Komcad tersebut, nantinya akan merekrut sekira 25.000 prajurit, dimana akan menghasilkan sekiranya 35 satuan militer batalion.

"Diharapkan para komando teritorial khususnya, dalam menyiapkan Komponen Cadangan. Jadi 25.000 prajurit Komponen Cadangan nantinya menjadi kekuatan kurang lebih 35 batalion," ucapnya.

Baca Juga: Purwakarta Gelontorkan Rp20,4 Miliar untuk Cari 170 Kades Pilihan Rakyat

Para prajurit Komcad akan dibina secara langsung oleh Komando Teritorial di wilayahnya masing-masing.

"Hal ini sebagai kekuatan cadangan negara apabila sewaktu-waktu dibutuhkan diperbantukan dalam tugas membantu pertahanan negara maupun membantu keamanan," ujar Riad.***

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x