Seluruh Desa di Purwakarta Kembangkan Ekonomi Digital

- 24 Februari 2021, 18:22 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika /Fajar Maritim

PURWAKARTA NEWS –‎ Program Desa Cerdas merupakan salah satu inovasi yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta guna terus berinovasi untuk menyesuaikan diri dengan percepatan teknologi komunikasi masa kini.

Diskominfo Purwakarta terus berupaya mendorong supaya wilayah pedesaan bisa menjadi wilayah berbasis teknologi dan informasi. Karena, menurutnya, memang sudah seharusnya di era digital seperti sekarang ini, wilayah desa itu melek internet.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Ida Siti Hamidah.

“Tujuan dari program tersebut, tak lain supaya segala sesuatu tentang keunggulan dan produtifitas masyarakat desa bisa dilihat oleh masyarakat luas melalui dunia maya. Sehingga, ‎produk-produk unggulan ini bisa terpublikasikan secara luas,” ujar Ida.

Baca Juga: BKAD Purwakarta Sosialisasikan Perubahan Struktur Pengelolaan Keuangan sesuai Permendagri 77 Tahun 2020

Ida berpendapat, saat ini digitalisasi menjadi gaya hidup masyarakat. Hal inilah yang menjadi alasan jajarannya menggulirkan program tersebut. Sejauh ini, kata dia, Pemkab Purwakarta juga telah mulai menjadikan tekologi Informasi sebagai media dalam memberikan pelayanan bagi warganya.

Selain mendorong desa cerdas, saat ini pun jajaran di dinasnya kembali menggagas terobosan baru. Yakni, sistem informasi berupa website yang dibuat khusus untuk desa. Website Desaku, merupakan layanan berbasis digital yang diperuntukan bagi seluruh desa yang ada di wilayah ini.

“Website khusus ini akan menjadi jendela desa untuk mengembangkan peluang pengembangan ekonomi melalui digitalisasi,” jelas dia.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Koordinasikan Kendaraan Besar Melintas Jalur Arteri Dibatasi Dulu

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x