Purwakarta Optimis Realisasi Investasi 2021 Lebihi Target Rp65 Triliun

- 23 Februari 2021, 13:17 WIB
Ilustrasi industri.
Ilustrasi industri. /pixabay

PURWAKARTA – Purwakarta optimistis realisasi investasi di tahun 2021 ini dapat melebihi target Rp65 Triliun. Nilai target tersebut diketahui naik dari target tahun sebelumnya yang mencapai Rp 60 triliun. Nilai investasi di Purwakarta terus bergerak positif dengan rata-rata kenaikan yang mencapai 11 persen dari tahun ke tahun.

“Kami optimistis target tersebut bisa terelasisasi. Di 2020 kemarin saja, realisasi investasi kami bisa mencapai angka Rp Rp 67,5 triliun atau melebihi target yang ditentukan,” ujar Kepala DPMPTSP Kabupaten Purwakarta, Muchamad Nurcahya, Selasa 23 Februari 2021.

Di tahun 2021 ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Purwakarta optimis nilai investasi akan kembali melibihi target Rp 65 triliun.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Bergerak Cepat Sambung Akses Jalan di Sukasari yang Putus Akibat Bencana

Nurcahya menjelaskan, tahun 2020 kemarin mungkin menjadi masa sulit bagi pemerintah, bahkan hingga ke tingkat daerah. Hal itu terjadi, karena mewabahnya Covid-19. Namun pihaknya bersyukur, pandemi Covid-19 ini tak terlalu berdampak signifikan terhadap investasi.

Nurcahya menuturkan, sejak 2020 kemarin ada beberapa investasi yang sedang berjalan. Antara lain, Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) Jakarta-Bandung.

Kemudian, pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Japek Selatan. Serta, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Terapung 145 MW di perairan Waduk Cirata.

Nurcahya mengklaim, sejak beberapa tahun ini nilai investasi di wilayahnya cenderung stabil, bahkan kerap melebihi target. Adapun nilai investasi ini, merupakan akumulasi dari realisasi invenstasi penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalan negeri (PMDN). Untuk jumlah investor sendiri, hingga 2020 kemarin mencapai 836 investor, dengan rincian  sebanyak 564 PMA dan 272 PMDN.

Baca Juga: SMANSA Purwakarta Bagikan Bantuan di Lokasi Bencana Cirangkong Tegalwaru

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x