Bupati Purwakarta Minta Warga Terus Siaga Bencana Longsor

- 16 Februari 2021, 21:33 WIB
Warga bergotong royong dengan aparat membersihkan areal longsor di Sukasari Purwakarta, Senin 15 Februari 2021.
Warga bergotong royong dengan aparat membersihkan areal longsor di Sukasari Purwakarta, Senin 15 Februari 2021. /Fajar Maritim/

PURWAKARTA NEWS - Curah hujan yang tinggi memicu terjadinya longsor di beberapa titik di wilayah Kabupaten Purwakarta. Awal pekan kemarin,  telah terjadi longsor di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari.

Dalam satu hari, terjadi tiga kali longsoran di lokasi tersebut. Longsor pertama terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, kemudian pukul 16.30 dan 18.30 WIB.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor ini, hanya saja terdapat 8 orang korban dengan luka ringan. Beberapa diantaranya merupakan warga Karawang yang sedang berteduh di sebuah gubuk dan satu orang operator alat berat yang sedang membersihkan longsoran tanah," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Selasa 16 Februari 2021.

Baca Juga: Cek Anda Terdaftar Penerima BST Rp300 ribu atau Tidak di dtks.kemensos.go.id

Meski begitu, lanjut Ambu Anne, musibah ini mengakibatkan tertutupnya akses jalan yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Sukasari. Yaitu Desa Ciririp, Desa Sukasari dan Desa Parungbanteng.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat di sekitar lokasi bencana longsor, untuk tetap waspada dan bersiaga guna mengantisipasi adanya longsor susulan. Mengingat, saat ini curah hujan di wilayah Purwakarta masih tinggi," ujarnya.

Ambu juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, desa dan Kecamatan Sukasari, khususnya Dinas Damkar dan Pengendalian Bencana, serta Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta yang cepat tanggap dalam menangani musibah ini.

Baca Juga: Simak Syarat dan Ketentuan Buat Kartu Keluarga Sejahtera Agar Dapat BPNT Rp200 Ribu

Sementara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, jika melihat situasi di lapangan hari ini, adanya longsor susulan ketiga yang terjadi pada hari Senin 15 Februari 2021 pukul 19.30 WIB sudah dipastikan terjadi pergeseran tahan sepanjang 100 meter, dengan tumpukan material yang cukup banyak.

Halaman:

Editor: Fajar Maritim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x