Rusun Jadi Aalternatif Tempat Isolasi Pasien COVID-19 di Garut

- 17 November 2020, 15:07 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan saat kunjungannya ke Rusun Gandasari, Kabupaten Garut, Senin 16 November 2020 kemarin. Rusun Gandasari disiapkan sebagai lokasi isolasi pasien covid-19.
Bupati Garut Rudy Gunawan saat kunjungannya ke Rusun Gandasari, Kabupaten Garut, Senin 16 November 2020 kemarin. Rusun Gandasari disiapkan sebagai lokasi isolasi pasien covid-19. /HUMAS PEMKAB GARUT

PURWAKARAT NEWS - Pemerintah Kabupaten Garut memanfaatkan Rumah Susun (Rusun) Gandasari di Kecamatan Cilawu. Dimanfaatkan sebagai tempat alternatif untuk isolasi pasien positif COVID-19. Rusun tersebut akan digunakan apabila terjadi lonjakan jumlah kasus wabah tersebut.

"Kalau terjadi 'outbreak' kembali kita sudah menyiapkan rusun. Karena sekarang di Medina (rumah sakit) sudah penuh," kata Bupati Garut Rudy Gunawan. Rudy meninjau Rusun Gandasari, Garut, Senin 16 November 2020 dilansir dari Antara.

Ia menuturkan pemerintah Garut terus berupaya menangani wabah COVID-19. Mulai dari pencegahan, menyiapkan tempat perawatan, termasuk penanganan lainnya secara medis.

Baca Juga: Elektabilitas Habib Rizieq Sudah Ungguli Anies hingga Ridwan Kamil di Pilpres 2024

Pemkab Garut akan menyiapkan tenaga medis yakni perawat dan dokter, dilengkapi dengan peralatan kesehatan juga disiapkan kebutuhan makanan bagi pasien COVID-19.

"Untuk fasilitas yang disediakan oleh pemkab di Rusun Gandasari, di antaranya tempat tidur dan tenaga kesehatan 24 jam, berikut dokter jaga, yang akan dikelola oleh Dinas Kesehatan," kata Bupati.

Ia menyampaikan Rusun Gandasari yang kondisinya sudah lama kosong itu dikhususkan bagi pasien COVID-19 yang tidak menunjukan gejala.

Baca Juga: Banjir Cianjur Bikin Puluhan Keluarga dari Delapan Kampung Harus Mengungsi

Sedangkan pasien yang menunjukkan gejala sakit, kata dia, akan mendapatkan perawatan medis di ruang isolasi yang ada di RSUD dr Slamet Garut.

Halaman:

Editor: Muhammad Mustopa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x