Ngaji Budaya: Mengenal Kasepuhan Ciptagelar di Sukabumi

- 25 Agustus 2022, 13:42 WIB
Kesepuhan Ciptagelar di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi
Kesepuhan Ciptagelar di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi /Tangkapan Layar/IG Ridwan Kamil/

PURWAKARTA NEWS - Hallo Sobat budaya! Mari kita mengenal salah satu kampung adat di Jawa Barat. Yaitu Kasepuhan Ciptagelar yang berada di Kabupaten Sukabumi.

Sebelum membahas lebih jauh, Kampung Adat Ciptagelar memiliki sejarah panjang, serta ciri khas, terutama dalam konteks ketahanan pangan. Dan Kampung Adat Ciptagelar disebut juga dengan Tatanan Kasepuhan Ciptagelar.

Kampung Adat Ciptagelar merupakan sebuah desa yang didalamnya terdapat masyarakat yang masih memegang teguh tradisi leluhur sebagai orang sunda.

Baca Juga: Ngaji Budaya: Mengenal Kampung Adat Cieundeu

Baca Juga: Ngaji Budaya: Mengenal Kesenian Sintren Asal Cirebon Jawa Barat

Kampung Adat Ciptagelar terletak di pedalaman Gunung Halimun-Salak. Dengan kondisi tersebut, suasana asri dan sejuk sudah pasti bisa dirasakan oleh para wisatawan.

Di kampung ini, suasana sangat kental dengan khas sunda. Disana berjajar puluhan rumah panggung berdinding kayu dan beratap rumbia atau kirai.

Baca Juga: Ngaji Budaya: Mengenal Seni Tari Tradisional Jaipong

Baca Juga: Ngaji Budaya: Inilah Unsur-unsur Kebudayaan

Halaman:

Editor: Awenk Wahyudin

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x